KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Nurma Yuni Pary Usemahu Akademi Keperawatan Abdi Florensia
  • Samsinar Samsinar Akademi Keperawatan Abdi Florensia

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.4759

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan adalah bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat pelayanan yang diharapkan. Apabila pelayanan yang diterima atau dirasakan sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas pelayanan di persepsikan baik dan memuaskan.  Jenis rancangan penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik korelasional   dengan menggunakan metode Cross sectional Study. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang akan diteliti adalah sebanyak 70 pasien Data diambil menggunakan kuesioner yang menggunakan skala likert waktu pengambilan data pada bulan April-Mei 2022. Hasil penelitian didapatkan hasil yang diperoleh 0,001  <  0,05.  Maka  dapat  disimpulkan  terdapat  hubungan  empati  dengan kepuasan pasien rawat inap. Untuk itu, disarankan rumah sakit meningkatkan kualitas pelayanan agar pasien merasa puas dengan kualitas yang diberikan rumah sakit.

References

Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Jurnal Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Analitik Terhadap Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar). Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 5(2), 165. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164

Anggarawati, T., & Wulan Sari, N. (2016). Kepentingan Bersama Perawat-Dokter Dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 12(1), 44–54. https://doi.org/10.26753/jikk.v12i1.139

Amalia, A., Tua, H., & Rusli, Z. (2017). Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Dan Kepuasan Pasien. Ilmu Administrasi Negara, 14(356–363).

Astarani, K., & Pradianata, M. J. (2015). Jurnal Pentingnya Perilaku Empati Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan. Jurnal STIKES RS. Baptis Kediri. Vol 8 (1).

Bu’ulolo, C. S., Edlin, E., Suyono, T., & Girsang, E. (2019). Pengaruh daya tanggap dan kehandalan terhadap kepuasan pasien umum rawat inap di RSU Royal Prima Medan. Jurnal Prima Medika Sains (JPMS), 1(1), 18–22.

Etlidawati, & Handayani, D. Y. (2017). Hubungan Kualitas Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional. MEDISAINS: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, 15(3), 142–147

Fadhurullah, L. (2018). Gambaran Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak.

Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 81–91. http://e- journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/4531

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Services Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset

Gray, J. R., Grove, S. K., & Sutherland, S. (2017). Burns and Grove’s the practice of nursing research: appraisal, synthesis, and generation of evidence. Elsevier, 8, 1–1192.

Hasniar, H. (2021). Gambaran kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di unit rawat inap RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2020= Gambaran kualitas pelayanan kepuasan pasien BPJS di unit rawat inap RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2020 (Disertasi Doktor, Universitas Hasanuddin)

Izzah El maila. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Inap Geriatri Ditinjau Dari Kualitas Pelayanan Persepsi Dan Respon Time Di Puskesmas Edisi.1. Jawa Timur: Strada Press

Jahirin, & Nurjanah, R. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit. Healthy Journal, V(2), 17–24. Juwita, G. S., Marlinae, L., & Rahman, F. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tamiang Layang. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2), 49–56. https://doi.org/10.20527/jpkmi.v4i2.3841

Kesmas, J., No, V., Antara, H., Jasa, M., & Kesehatan, P. (2018). Kualitas merupakan sekumpulan dari yang telah diperolehnya semasa dalam menerima pelayanan sesuai dengan apa yang telah menjadi harapannya ( Pohan , 2007 ). Jika Pasien merasa tidak puas maka pasien tersebut akan melakukan pengajuan Komplain . Apabila komplai. 7(5).

Kosnan, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4), 18–25. https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1538

Kotler, P. dan Amstrong, G. 2017. Prinsip Prinsip Pemasaran. Edisi 14. Jilid 3. Erlangga, Jakarta.

Lakmi, AR (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Masyarakat Pada Rumah Sakit Umum Daerah Badung. Dalam Prosiding Seminar Administrasi Negara Universitas Udayana (hlm. 112-130).

Maila, I. EL. (2021). Kepuasan Pasien Rawat Inap Geriatri Ditinjau dari Kualitas Pelayanan,Persepsi dan Respon Time di Puskesmas.

Nur’aini., P. (2019). Jurnal Pengaruh Daya Tanggap Dan Empati Para Medis Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Demang Pulau Raya Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex Vol 2, (1)

Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan :Pendekatan Praktis. In Salemba Medika. https://doi.org/10.1007/0-387-36274-6_24

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi.4. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. salemba medika. Nurul, A. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien

Rawat Inap Kelas III di Rumah Sakit TK. IV Madiun Tahun 2017.

OELI, & Rattu, AJM (2018). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Penyakit Dengan Pasien Di Poliklinik Dalam Rumah Sakit Umum Gmim Pancaran Kasih Manado. JKK (Jurnal Kedokteran Klinik) , 2 (1), 9-18.

Oini, O., Komalasari, R., & Hasibuan, S. Y. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Keperawatan di Unit Rawat Inap. Nursing Current, 5(2), 50–60. https://ojs.uph.edu/index.php/NCJK/article/view/1707

Pasalli’, A., & Patattan, A. A. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Fatima Makale Di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale, 4(1), 14–19. https://doi.org/10.52774/jkfn.v4i1.57

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2012). Nursing Research Principles And Methods (Sevent Edi). Lippincott Williams & Wilkins.

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2014). Essentials of Nursing Research Seventh Edition Appraising Evidence for Nursing Practice. In Lippincott Williams & Wilkins. Prihatiningsih, I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Tk. Iv 05.07.02 Kediri. Mediasosian, Vol. 1(1), hal. 20-31.

Purnamasari, K. D. (2019). Gambaran Kualitas Pelayanan Antenatal Pada Ibu Hamil. Journal of Midwifery and Public Health, 1(2). https://doi.org/10.25157/jmph.v1i2.3000

Purba, JR (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien

Rawat Inap di Rumah Sakit Putri Hijau Medan Tahun 2019.

Sari, Y. K. (2014). Pengaruh Orientasi Pasien Baru terhadap Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 1(1), 024–029. https://doi.org/10.26699/jnk.v1i1.art.p024-029

Sidiq, R., & Afrina, R. (2017). Kajian Efisiensi Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Aceh Besar. Jurnal Nursing, 8(1), 29–34

Siti (2018). Rumah Sakit Umum Daerah Piru, 543-551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645

Soedargo, BP (2019). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Pasien Rawat Inap Peserta BPJS Kesehatan Di RS Melania Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7 (3), 295-302.

Soumokil, Y., Syafar, M., & Yusuf, A. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. 10(Siti 2018), 543–551. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 149. https://doi.org/10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155

Suharmiati, & Budijanto, D. (2017). 21066-ID-analisis-faktor-faktor-yang- mempengaruhi-tingkat-kepuasan-responden-pengguna-raw.pdf. In Buletin Penelitian Sistem Kesehatan (Vol. 10, Issue 20, pp. 123–130).

Widiasari, W., Handiyani, H., & Novieastari, E. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Penerapan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia, 22(1), 43–52. https://doi.org/10.7454/jki.v22i1.615

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Usemahu, N. Y. P., & Samsinar, S. (2022). KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.4759