HUBUNGAN CITRA TUBUH DENGAN POLA MAKAN PADA REMAJA PUTRI: LITERATUR REVIEW

Main Article Content

Khrisna Wisnusakti
Yonathan Kristian Yuan Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi adanya hubungan citra tubuh dengan pola makan pada remaja putri. Metode: Penelitian ini menggunakan metode literature review. Sampel berjumlah 8 jurnal yang bersumber dari database akademik elsevier, pudmed, google scholar, dan garuda. Kemudian jurnal dianalisis kualitasnya dengan menggunakan dengan The Joanna Briggs Institute (JBI) Critical Appraisal Tools. Hasil: Data kajian literature review yang dilakukan pada 8 jurnal berbahasa Inggris atau Indonesia yang memenuhi kriteria inklusi. Secara umum dari 8 jurnal memiliki persamaan dan perbedaan. 7 jurnal memiliki hasil yang sama yaitu terdapat hubungan antara citra tubuh dengan pola makan pada remaja putri, 1 jurnal ada hubungan yang sangat lemah dan tidak searah. 8 jurnal terdapat hasil yang dominan dalam citra tubuh negatif serta hasil dominan dalam pola makan buruk. Terdapat hubungan antara citra tubuh dengan pola makan pada remaja putri, Seseorang dengan citra tubuh negatif akan memiliki penilaian yang negatif pula terhadap kondisi tubuhnya. Oleh karena itu, dirinya melakukan suatu cara untuk merubah penampilan dengan melakukan diet. Saran: Hasil literature review diharapkan dapat menjadi bahan edukasi khususnya bagi remaja agar menambah pengetahuan dalam memandang citra tubuh secara positif sehingga dapat menerapkan pola makan yang baik.

Article Details

How to Cite
Wisnusakti, K. ., & Putra, Y. K. Y. . (2022). HUBUNGAN CITRA TUBUH DENGAN POLA MAKAN PADA REMAJA PUTRI: LITERATUR REVIEW. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1210–1220. https://doi.org/10.32670/ht.v1i9.2031
Section
Articles

References

Alidi, F. (2018). Body Image Siswa Ditinjau Dari Gender. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Asnuddin, &. S. (2018). Hubungan Tingkat Kecemasan Dan Body Image Dengan Pola. Jurnal Ilmiah Kesehatan Pencerah, 69-77.

Choiriyah, Z. R. (2019). Hubungan Antara Body Image Dan Jenis Kelamin Terhadap Pola Makan Pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 109.

Denich, A. U. (2015). Konsep Body Image Remaja Putri. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 55.

Firdaus, A. (2018). Pengetahuan Dan Sikap Remaja Terhadap Penggunaan Napza Di Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Hasmila, S. &. (2013). Gambaran Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Citra Tubuh Pada Remaja Putri Di Sman 4 Lampineung Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 62-69.

Herlina. (2013). Mengatasi Masalah Anak dan Remaja melalui Buku. Pustaka Cendekia Utama.

Kusmiran, E. (2011). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Salemba Medika.

Meiliana, M. V. (2018). Hubungan Body Dissatisfaction dan Perilaku Diet pada Mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. Praxis, 49.

Nurcahyani, D. (2016). Body Image Pasien Diabetes Millitus Yang Mengalami Ganggren. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Ribeiro-Silva, R. d.-M. (2018). Body image dissatisfaction and dietary patterns according to nutritional status in adolescents. Jornal de Pediatria, 155-161.

Roswendi. A.S., S. C. (2021). Literatur Review: Konsep Dan Aplikasi. Media More Karya Optima.

Salsabilla, H. S. (2018). Hubungan Citra Tubuh dengan Status Gizi pada Remaja di STIKes Mitra Keluarga. Nutrire Diaita, 66-74.

Sarwono, S. (2016). Pengantar Psikologi Umum. Rajawali Pers.

Stuart, G. (2016). Prinsip dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa. Elsevier Ltd.

Walker, D. W. (2018). A meta-analysis of the relationships between body checking, body image avoidance, body image dissatisfaction, mood, and disordered eating. International Journal of Eating Disorders, 745-770.

Wardhani, P. I. (2017). Hubungan Body Image dan Pola Makan Dengan Kekurangan Energi Kronis (KEK) Pada Remaja Putri SMAN Di Jawa Barat. JPH Recode, 127-139.

Yonaniko, D. (2017). Hubungan Body Image Dengan Perilaku Diet Pada Remaja Putri Tahun 2016 Kelas X Dan Xi Smkn 2 Padang. Menara Ilmu, 177-181.

Yong, C. L. (2021). The relationship between restrained eating, body image, and dietary intake among university students in china: A cross-sectional study. Nutrients, 1-15.