EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN PASPOR PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) KOTA KENDARI

Main Article Content

La Manguntara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pelayanan pengurusan paspor dan efektivitas pelayanan publik dalam pengurusan paspor pada kantor imigrasi kelas I TPI kota Kendari. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat disimpulkan efektivitas pelayan publik pada kantor imigrasi kelas I TPI kota Kendari dalam hal pengurusan paspor berlangsung secara efektif dan juga efisien. Hal tersebut dapat dilihat dari kebijakan-kebijakan yang diterapkan oleh kantor tersebut guna mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat antara lain sumber daya manusia yang cukup memadai yang dimana staf pelayanan yang ada dikantor tersebut yang memilki skill dan tanggung jawab yang baik, sumber dana yang baik dalam menunjang fasilitas-fasilitas yang lengkap agar mampu memberikan bantuan dan kenyamanan bagi pegawai kantor imigrasi maupun pemohon layanan. Kepuasan masyarakat dari prosedur pelayanan yang diberlakukan dibuat seminim dan sesedikit mungkin yang di mana bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada penerima pelayanan sehingga efektivitas pelayanan dapat berjalan secara efektif. Terlebih lagi prosedur pelayanan sudah bisa dilakukan secara online yang dimana layanan secara online sangat efisien dan juga sangat mempermudah masyarakat yang akan melakukan pengurusan paspor.

Article Details

How to Cite
Manguntara, L. . (2023). EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DALAM PENGURUSAN PASPOR PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I TEMPAT PEMERIKSAAN IMIGRASI (TPI) KOTA KENDARI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(5). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3438
Section
Articles

References

Arif, M. A. (2018). Efektivitas Pelayanan Publik Dalam Penerapan Sistem Penerbitan Surat Perjalanan Republik Indonesia (Spri) Di Kantor Imigrasi Kelas I Polonia Medan. Publik Reform, 4.

Damopolii, R. V. (2016). Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Studi di Kecamatan Kotamobagu Selatan Kota Kotamobagu). Politico: Jurnal Ilmu Politik, 3(1), 1168.

Febriani, S., & Ratu, N. (2018). Profil proses berpikir kreatif matematis siswa dalam pemecahan masalah open-ended berdasarkan teori Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 39-50.

Hayati, R. (2021). Efektifitas Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Di Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalong. PubBis: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 5(2), 99-110.

Ismayanti, L. (2015). Efektivitas penyelenggaraan pelayanan terpadu satu pintu di kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (JISIP), 4(2).

Jerold, J., Suhaidi, S., & Isnaini, I. (2019). Upaya Imigrasi dalam Penerapan Sanksi Pidana Terhadap Pengguna Dokumen Perjalanan Palsu. ARBITER: Jurnal Ilmiah Magister Hukum, 1(2), 128-136.

Kalalinggi, M., & Burhanudin, B. D. H. (2019). Pelayanan Publik Pas Lintas Batas (Plb) Krayan Indonesia-Ba’kelalan Malaysia Di Kantor Imigrasi Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara.

Liza, Y. A. (2017). Efektivitas Penggunaan Daily Operation Report Guna Mengawasi Pemakaian Fuel Oil Di “Fos Gemini” Pt. Fast Offshore Indonesia Tahun 2016 (Doctoral dissertation, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang).

Mardi, M. (2017). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Kota Samarinda. JURNAL UNIVERSITAS MULAWARMAN, 1(2), 535-547.

Rizki, C. I., & Zulkifli, Z. (2015). Analisis Kinerja Karyawan Pada Pt. Sigma Petrotech Pekanbaru. Valuta, 1(2), 285-297.

Sunarti, N. (2019). Efektivitas Pemberdayaan Dalam Pengembangan Kelompok Tani Di Pedesaan. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(2), 80-100.

Wandi, S. (2013). Pembinaan prestasi ekstrakurikuler olahraga di SMA Karangturi kota Semarang. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 2(8).

Wenas, E. S., Kimbal, A., & Kumayas, N. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Reses Anggota DPRD Kota Tomohon. GOVERNANCE, 1(2).