IMPLEMENTASI KEBIJAKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) KESEHATAN IBU HAMIL
Keywords:
Implementasi Kebijakan, Pelayanan Kesehatan, Ibu Hamil, Standar Pelayanan MinimumAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi kebijakan standar pelayanan minimal kesehatan ibu hamil pada Puskesmas Mokoau Kecamatan Kambu Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumopul selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan model analisis data interaktif, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari enam indikator pelayanan standar pelayanan implementasi kebijakan standar pelayanan minimal kesehatan ibu hamil pada Puskesmas Mokoau Kecamatan Kambu Kota Kendari, secara umum telah terimplementasi dengan cukup baik namun belum dimaksimalkan secara menyeluruh, terutama yang berkaitan dengan produk pelayanan serta sarana dan prasarana yang diperlukan
References
Ainy, N. Q. (2014). Analisis Faktor-Faktor Pendukung Pelayanan Kartu Keluarga Di Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Publika, 2(3).
Andriani, A., Edison, E., & Gracediani, L. (2013). Implementasi Pelayanan Ibu Hamil (K4) oleh Bidan Berdasarkan Spm di Puskbsmas Silungkang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 8(1), 21-26.
Annisa dkk , 2017 Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Antenatal Care Di Wilayah Kerja Puskesmas Mokoau Kecamatan Kambu Kota Kendari Tahun 2016 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol. 2/No.8/ November 2017; ISSN 2502-731 di akses oktober 2019
Awalia, N. (2019). Minat Konsumen dalam Memilih Pakaian Bekas di Pasar Sumpang Kota Parepare (Kontestasi Hukum Ekonomi Islam) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Elfrida Tambun. 2013. Evaluasi Implementasi Kebijakan Persalinan Bagi Masyarakat Miskin Oleh Bidan Praktek Swasta Di Kota Tanjungpinang, Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia Volume 02 No. 02 Halaman 61 - 70
Marniyati, L., Saleh, I., & Soebyakto, B. B. (2016). Pelayanan antenatal berkualitas dalam meningkatkan deteksi risiko tinggi pada ibu hamil oleh tenaga kesehatan di Puskesmas Sako, Sosial, Sei Baung dan Sei Selincah di Kota Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan: Publikasi Ilmiah Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, 3(1), 355-362.
Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi antarpribadi dalam menciptakan harmonisasi (suami dan istri) keluarga didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Acta Diurna Komunikasi, 6(2).
Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal
Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Setiyadi, B., Segara, R. M., & Sinambela, R. H. (2020). Prosedur Dan Tata Kerja Pendidikan Non Formal. Learning Community: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(2), 12-19.
Sopariah, P. R. A. (2022). Prosedur Pengajuan Dan Pencairan Kredit Umum Pegawai (Kupeg) Pada Pt. Bank Woori Saudara Kantor Cabang Pembantu Singaparna (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah,
Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan
Zudi, M., Suryoputro, A., & Arso, S. P. (2021). Analisis Implementasi Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan Di Puskesmas Guntur I Kabupaten Demak. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 8(2), 165-179.