PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CANTIGI KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2021

Main Article Content

Ani Kuspini

Abstract

Di era millennium ini, persaingan antar perusahaan sangat ketat, termasuk dalam bidang pelayanan kesehatan. Melayani di bidang ini perlu perhatian khusus, karena ini tentang kepuasan pasien , sehingga diperlukan pegawai yang memiliki moral yang baik, profesional, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan tugasnya , hal ini diperlukan untuk meningkatkan kinerja karyawan dalam melayani masyarakat. . Beberapa literatur mengatakan bahwa kualitas pelayanan dipengaruhi oleh kemampuan dan motivasi kerja. Berdasarkan latar belakang di atas, dalam penelitian ini penulis memilih Puskesmas Cantigi di Kabupaten Indramayu sebagai objek penelitian. Jumlah total pekerja adalah empat puluh dua terdiri dari pemimpin dan pegawai, dipilih sebagai sampel ditetapkan sebagai total sampling. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh faktor kemampuan dan motivasi kerja terhadap kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Cantigi Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan adalah dua jenis penelitian, yaitu penelitian deskriptif dan penelitian verifikatif. Model penelitian memakai persamaan regresi berganda, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa uji validitas dan uji reliabilitas semua responden telah memenuhi persyaratan. Dari uji parsial, variabel kemampuan dan motivasi kerja secara ganda berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan kesehatan dan berdasarkan persamaan regresi menunjukkan bahwa variabel motivasi kerja memiliki pengaruh lebih besar terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Uji bersama kedua variabel juga berpengaruh signifikan, dan uji koefisien determinasi kedua variabel, kemampuan dan motivasi kerja, dapat menjelaskan variabel kualitas pelayanan.

Article Details

How to Cite
Ani Kuspini. (2022). PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS CANTIGI KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2021. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 305–317. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1187
Section
Articles

References

Arikunto, S. 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta.

Amir sohail, Robina Safdar, Salam Saleem. 2014. Effect of Work Motivation and Organizational Comitmment on Job Satisfaction . Global Journal Inc (USA) Volume 14 Issue 6 Online ISSN: 2249-4588& Print ISSN:0975-5853.

As’ad, M. 2009. Psikologi Islami: Seri Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: Liberty.

Edy Soeryanto . 2019 , “ The Influence of Motivation On Quality Service Delivery in Decentralised Indonesia”., Vol 5 No 1 (2019): Jurnal Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi |, Vol 5 No 1 – 2019 http://journal.widyatama.ac.id/index.php/jabe/issue/view/3

Gudono,2012, Teori Organisasi, Yogyakarta : BPFE.

Handoko . 2010, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Jakarta : BPFE

Hidayat, A. Aziz . 2017. Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan, Jakarta.: Salemba Medika

Martoyo, S. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogjakarta: BPFE.

Notoatmojo, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Rich, B.L., Lepine, J.A., & Crawford, E.R. 2010. Job Engagement: Antecedents and Effects on Job Performance. Academy of Management Journal, Vol. 53, No. 3, 617–635.

Ridwan, 2010, Metode dan Teknis Menyususn Tesis. Bandung : Alfabeta

Robbins, S.P., & Judge, T.A. 2011. Organizational Behavior. Fourtheenth Edition. New Jearsy: Pearson.

Shahzad . 2018 , “Impact of Employee Motivation on Customer Satisfaction: Study of Airline Industry in Pakistan” Pakistan Army Aviation, Riphah International University, Islamabad, Pakistan.. https://www.researchgate.net/publication/326910717_Impact_of_Employee_Motivation_on_Customer_Satisfaction_Study_of_Airline_Industry_in_Pakistan

Siagian, Sondang P, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia; Jakarta, Bumi Aksara

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta

Sunyoto, 2011, Riset Bisnis dengan Analisis Jalur SPSS, Jogjakarta : Gava Media

Singh, R.R., Chauhan, A., Agrawal, S., & Kapoor S. 2011. Impact of Organisational Climate on Job Satisfaction – a Comparative Study.

IJCSMS International Journal of Computer Science and Management Studies, Vol. 11, Issue 02, Aug 2011. pp. 9-18.

Singgih, S. 2000, BukuLatihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Uddin, M.J., Luva R.H., & Hossian, S.M.M. 2013. Impact of Organizational Culture on Employee Performance and Productivity: A Case Study of Telecommunication Sector in Bangladesh. International Journal of Business and Management, Vol. 8, No. 2, pp. 63-77.

Usman, Husaini, 2009, Manajemen : Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Wirawan. 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia ; Teori, Psikologi, Hukum KetenagaKerjaan. Jakarta : Rajawali Pers

Wijaya, T. 2012 . Praktis dan Simpel Menguasi SPSS 20 untuk Olah dan Interpretasi Data. Yogyakarta: Cahaya Atma Pusaka

Yukl, 2010, Kepemimpinan Dalam Organisasi, Jakarta : Indeks PT.