METASINTESIS PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA
Keywords:
Metasintesis; Pengembangan lembar erja peserta didik; Kemampuan representasi matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan setiap artikel jurnal pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dan mendeskripsikan metasintesis mengenai pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian systematic review yang menggunakan pendekatan metasintesis. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah artikel jurnal tentang pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan lembar kerja yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh para pengembang sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
References
Astin, E. A., Haninda, B., & Een, Y. H. (2017). Pengembangan LKPD dengan Pendekatan CTL Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(10): 1-11
Astuti, N., Padrul, J., & Marsiyam (2022). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2): 181-194
Ayuni, Q., Sri, H. N., & Undang, R. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3): 694-704.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasratuddin. (2018). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Perc. EDIRA.
Hernawati, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMRI Berorientasi Pada Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1): 34-44.
Indriyani, Y.D. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan RME. Jurnal Derivat, 7(1): 1-10.
Kusuma, N., Abdul, M., Edi, S., Suwarno, A. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(2): 39-45
Lestari, E. K., & Yudhanegara, R.M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Reflika.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publication. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: Key Curriculum Pess.
Perry, A., & Hammond, N. (2002). Systematic Review: The Experience of a PhD Student. Psychology Learning and Teaching, 2(1): 32-35.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Rangkuti, A. N. (2013). Representasi Matematis. Logaritma Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Sains, 1(2): 49-61.
Sahara, N. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 2(1): 141-152.
Sari, R. M., Zubaidah, A. M. Z., & Risnawati. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS). Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Formatif, 7(1): 66-74.
Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Metasintesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4): 326-333.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.