PENGEMBANGAN SAINS DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR

Main Article Content

Setiawan Setiawan
Elnawati Elnawati

Abstract

Anak-anak melewati masa emas atau disebut juga dengan golden age, ketika mereka mulai peka terhadap berbagai rangsangan. Ini disebut sebagai tahun emas. Setiap anak mengalami periode sensitif yang unik, seperti halnya tingkat pertumbuhan dan perkembangan masing-masing. Fungsi fisik dan psikologis yang siap merespon rangsangan lingkungan telah mencapai kematangan pada masa sensitif. Selain itu, perkembangan kognitif, motorik, bahasa, sosial-emosional, agama, dan moral semuanya dimulai pada masa ini. Tujuan penelitian ialah untuk meningkatkan pengetahuan sains anak di SPS TP Kutilang yang diterapkan guru melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar Penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif serta dilakukan di SPS TP Kutilang Kelompok B Kecamatan Cicurug Kabupaten Sukabumi dengan subjek penelitian terdiri dari 19 anak bertujuan untuk meningkatkan perkembangan pengetahuan anak didik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Eksplorasi Lingkungan Sekitar dapat meningkatkan kemampuan sains anak didik terbukti dari kenyataan bahwa kondisi awal sebelum dilakukan tindakan, rata-rata persentasi kemampuan sains anak sebesar 31%. Untuk itu sebagai pendidik harus mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi program pembelajaran dengan sebaik mungkin sehingga pembelajaran dapat tersampaikan dan dapat diterima dengan baik juga menarik bagi peserta didik.

Article Details

How to Cite
Setiawan, S., & Elnawati, E. (2023). PENGEMBANGAN SAINS DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(9), 2054–2067. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3649
Section
Articles

References

Anfika Maharani, Een Yayah Haenilah, M. S. (2016). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Terhadap Perkembangan Pemahaman Konsep Sains Anak Usia Dini. Tjyybjb.Ac.Cn, 18(2), 33–37. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Anggraini, D. (2017). Meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun melalui eksplorasi tanaman. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 137–146.

Anna Agustina Umboh, D. K. (2022). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Bisnis, 3(2), 246–264.

Delima, D. (2019). Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar di TK Putra I Kota Jambi Kelompok B Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 185. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.138

Dewi, K. R., Gading, I. K., & Magta, M. (2019). Lingkungan Sekitar Terhadap Kemampuan Sains Anak Taman Kanak- Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(3), 215–225.

Dhaifi, I., Husniati, H., & Muslihan, M. (2022). Mengenalkan Konsep Sains Permulaan Dengan Eksplorasi Lingkungan Sekitar. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i1.2440

Gani, A. (2019). Pengetahuan Sains Anak. 1(April), 198–211.

Indari, R., Saguni, F., & Marwany, M. (2019). Efektifitas Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar Sekolah Di Taman Kanak-Kanak Nurul Jami’Ah Talise. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 1(1), 63–76. https://doi.org/10.24239/abulava.vol1.iss1.5

Intan, S., & Bendriyanti. (2020). Meningkatkan pengetahuan sains pada anak melalui pendekatan eksplorasi lingkungan dengan bercocok tanam sayur di PAUD Al-Fattah Kota Bengkulu. Early Child Research and Practice, 1(1), 42–45.

Munastiwi, E. (2015). Implementasi pendekatan Santifik pada prndidikan Anak usia dini. 1(2), 43–50. https://doi.org/10.14421/jaa.2015.12.43-50

Ramdani, M., & Muhamad Arsyad, A. (2021). Penerapan Metode Eksplorasi Lingkungan Sekitar dalam Peningkatan Pengetahuan Sains. Jurnal El-Audi, 2(2), 95–115. https://doi.org/10.56223/elaudi.v2i2.28

Setyowati, I., Ridwan, & Iswatiningtyas, V. (2022). Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Pembelajaran Eksplorasi Lingkungan. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 5, 314–322. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1949

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Yunus, W., Wantah, M. E., Pg-paud, P., & Manado, U. N. (2022). Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Metode Eksplorasi Lingkungan Sekitar Di TK Seroja Molobog Kecamatan Motongkad Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–8.