PENGARUH KUALITAS PRODUK KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN ASIA HOTEL RITZ CARLTON MEGA KUNINGAN JAKARTA

Main Article Content

Syabhan Zabbar khoiri
Efiani Efiani

Abstract

Pada kesempataan ini peneliti bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran yang berada di dalam hotel bintang 5 di Jakarta. Penulis menganalisis mengunakan regresi linier berganda, untuk menguji hipotesis menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data melalui kuesioner menggunakan skala likert sebanyak 5 (lima) alternatif jawaban terlampir. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan metode pengumpulan data purposive sampling. Kriteria purposive sampling adalah responden yang pernah mengunjungi dan berkunjung pertama di restoran minimal 2 (dua) kali. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik (Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Linieritas) dengan menggunkan program SPSS versi 23.Hasil penelitian uji t menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sementara lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan menurut hasil uji f menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variable kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi secara simultan terhadap kepuasan pelangan yang berkunjung ke restoran tersebut.

Article Details

How to Cite
khoiri , S. Z. ., & Efiani , E. . (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RESTORAN ASIA HOTEL RITZ CARLTON MEGA KUNINGAN JAKARTA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1740–1746. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2499
Section
Articles

References

Berry, L. L., Parasuraman, A., & Zeithaml, V. A. (1988). SERVQUAL: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Donovan S., R., & Fadillah, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Hotel 101 Suryakencana Bogor. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.322

Fajar Laksana. (2019). manajemen pemasaran.

Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran (Fandy Tjiptono (ed.); edisi 4). CV.ANDI OFFSET.

Fandy Tjiptono. (2017). Service Management (Fandy Tjiptono (ed.); Edisi 3). penerbit Andi (anggota IKAPI).

Fandy Tjiptono & Gregorius Chandra. (2005). Service quality & statisfaction. Andi.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). pemasaran jasa. Deepublish. https://www.freepik.com/

herianto ari wibowo. (2017). pelayanan konsumen.pdf.

Irawan, H. (2002). kepuasan pelangan.pdf.

Julius, Y., & Limakrisna, N. (2016). manajemen pemasaran (Deepublish (ed.)).

Laksana fajar. (2008). PENGERTIAN PRODUK FAJAR LAKSANA (2008).pdf.

marsum. (1991). Restoran dan segala permasalahannya.pdf (andi offset (ed.)). Andi.

Meithiana Indrasari. (2019). pemasaran & kepuasan pelangan.pdf. https://doi.org/978-623-91788-2-6

nikinus kogoya, andi muhammad ismail, ratih pispitorini Y.A, ardhitya alam wiguna. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja PTPN X (PERSERO) Kebun Kertosari Jember. Jurnal Manajemen Agribisnis Dan Agroindustri, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.25047/jmaa.v1i1.3

Priyatno, D. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data bagi Mahasiswa dan Umum.

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(4), 516–524. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4.461

Rambat lupiyoadi. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa (Rambat Lupiyoadi (ed.)). salemba empat.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Thamrin abdullah & Francis tantri. (2018). management pemasaran.pdf.

Tresiya, D., Djunaidi, D., & Subagyo, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kenyamanaan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perusahaan Jasa Ojek Online Go-Jek Di Kota Kediri). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 208. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.310

Zahri, R. M., & Kusumastuti, D. A. (2020). Determinan Persepsi Pengguna, Kepuasaan Pengguna dan Kesuksesan Implementasi E-Budgeting di Pemerintah Kota Surakarta. Owner, 4(1), 240. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.221