Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan In-deks Kepuasan Masyarakat

Main Article Content

Goreti Akna Vilanati G.B
Tintien Koerniawati
Rudy Latuperissa

Abstract

Perpustakaan merupakan salah satu pusat sumber belajar yang dapat digunakan oleh pemakai dalam hal ini mahasiswa, dosen, maupun masyarakat dalam upaya mengembangkan kemampuan dan kecakapannya.Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, semakin tinggi tingkat kepuasan dan kepercayaan mahasiswa terhadap perpustakaan digital maka dilakukan penelitian tentang Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di perpustakaan Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan perpustakaan digital berdasarkan indeks kepuasan mahasiswa dan metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, data kuantitatif yang diperoleh pada penelitian ini yaitu melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan perpustakaan digital di Perpustakaan O. Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga menunjukkan kategori baik (B). Unsur pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi adalah kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan, sedangkan unsur dengan nilai terendah adalah persyaratan pelayanan.

Article Details

How to Cite
Vilanati G.B, G. A., Koerniawati, T. ., & Latuperissa, R. . (2024). Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan In-deks Kepuasan Masyarakat. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.32670/ht.v3i3.4358
Section
Articles

References

Ashari, D. V. (2021). Kualitas pelayanan perpustakaan digital berdasarkan indeks kepuasan masyarakat di Perpustakaan BPPT Jakarta. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/22667/3/T1_742018802_Isi.pdf

Boldi, B. (2015). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. FAKULTAS EKONOMI. https://dx.doi.org/10.29406/jmm.v12i2.442

De Yusa, V., & HS, A. M. A. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pela-yanan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Di Bandar Lampung. Jurnal Mana-jemen Dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 169-176. https://doi.org.10.29259/jmbs.v17i3.10062

Erika. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan TI ISTN). Jurnal JITMI, 2(2), 126-130. https://doi.org/10.37277/stch.v30i1.480

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 ten-tang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum. https://simpuh.kemenag.go.id/rj?jenis=keputusan%20Menpansan20%RB

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 ten-tang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat. https://simpuh.kemenag.go.id/rj?jenis=keputusan%20Menpansan20%RB

Lasa HS. (2006). Jenis-Jenis Layanan Informasi Perpustakaan: sirkulasi dan Referensi. Ja-karta: Universitas Gajah Mada Press. hlm. 110

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,

Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi

Wahyuntini, S., & Endarti, S. 2021. Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi Dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 1–6

Yusuf, Pawit M dan Yaya Suhendar. 2013. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.