Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan In-deks Kepuasan Masyarakat
Main Article Content
Abstract
Perpustakaan merupakan salah satu pusat sumber belajar yang dapat digunakan oleh pemakai dalam hal ini mahasiswa, dosen, maupun masyarakat dalam upaya mengembangkan kemampuan dan kecakapannya.Semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, semakin tinggi tingkat kepuasan dan kepercayaan mahasiswa terhadap perpustakaan digital maka dilakukan penelitian tentang Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di perpustakaan Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan perpustakaan digital berdasarkan indeks kepuasan mahasiswa dan metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, data kuantitatif yang diperoleh pada penelitian ini yaitu melalui kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap layanan perpustakaan digital di Perpustakaan O. Notohamidjojo Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga menunjukkan kategori baik (B). Unsur pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi adalah kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan, sedangkan unsur dengan nilai terendah adalah persyaratan pelayanan.
Article Details
References
Ashari, D. V. (2021). Kualitas pelayanan perpustakaan digital berdasarkan indeks kepuasan masyarakat di Perpustakaan BPPT Jakarta. https://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/22667/3/T1_742018802_Isi.pdf
Boldi, B. (2015). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Pontianak. FAKULTAS EKONOMI. https://dx.doi.org/10.29406/jmm.v12i2.442
De Yusa, V., & HS, A. M. A. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pela-yanan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Di Bandar Lampung. Jurnal Mana-jemen Dan Bisnis Sriwijaya, 17(3), 169-176. https://doi.org.10.29259/jmbs.v17i3.10062
Erika. (2019). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus Perpustakaan TI ISTN). Jurnal JITMI, 2(2), 126-130. https://doi.org/10.37277/stch.v30i1.480
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 63/KEP/M.PAN/7/2003 ten-tang Pedoman Tatalaksana Pelayanan Umum. https://simpuh.kemenag.go.id/rj?jenis=keputusan%20Menpansan20%RB
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/25/M.PAN/2/2004 ten-tang Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat. https://simpuh.kemenag.go.id/rj?jenis=keputusan%20Menpansan20%RB
Lasa HS. (2006). Jenis-Jenis Layanan Informasi Perpustakaan: sirkulasi dan Referensi. Ja-karta: Universitas Gajah Mada Press. hlm. 110
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,
Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi
Wahyuntini, S., & Endarti, S. 2021. Tantangan Digital dan Dinamisasi Koleksi Dalam Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Bagi Prestasi Belajar Mahasiswa. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 1(1), 1–6
Yusuf, Pawit M dan Yaya Suhendar. 2013. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.