ANALISIS HOSPITALITY PUSTAKAWAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA SALATIGA

Main Article Content

Meliana Meliana
Rudy Latuperissa
Tintien Koerniawati

Abstract

Penelitian ini merupakan studi analisis hospitality pustakawan dalam memberikan layanan informasi di perpustakaan daerah kota salatiga, Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi secara mendalam sehingga mampu menjelaskan bagaimana layanan informasi pustakawan dalam memberikan layanan informasi di perpustakaan dengan menggunakan analisis hospitality. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada bulan mei 2023 di perpustakaan daerah kota salatiga.informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 3 orangData penelitian dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif.hasil menunjukan bahwa pustakawan sudah menerapkan layanan hospitality dalam meberikan layanan informasi.Saran bagi peneliti selanjutnya agar lebih memperdalam lagi untuk menggali permasalahan yang ada di perpustakaan tersebut perlu diperhatikan sekaligus dikembangkan lebih baik lagi dalam pemanfaatan serta penguasaan teknologi informasi guna pelayanan informasi yang maksimal bagi pemustaka.

Article Details

How to Cite
Meliana, M., Latuperissa, R. ., & Koerniawati, T. . (2023). ANALISIS HOSPITALITY PUSTAKAWAN DALAM MEMBERIKAN LAYANAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN DAERAH KOTA SALATIGA . Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10), 2135–2141. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3765
Section
Articles

References

Amaliah, R., Jufri, M., & Bakar, R. M. (2018). Perbedaan Persepsi Kepuasan Pelayanan Dan Customer-Employee Rapport Pengguna Perpustakaan Ditinjau Dari Deep Acting Dan Surface Acting Pustakawan. Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Aprapti, I. A. G., Ginting, R. T., & Premierita, N. P. (2017). Analisis Kebutuhan Informasi Pengguna Di Perpustakaan Smk Negeri 3 Denpasar. Jurnal Ilmiah D3 Perpustakaan, 1(1).

Faye Hall Jackson. (2019). Analisis Hospitality Dan Personal Branding Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Informasi Di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka. Αγαη, 8(5), 55.

Hergina Aulia Pramita, A. R. (2022). Pelayanan Administrasi Perpustakaan Di Tengah Maraknya Teknologi Digital. 5(1), 22–30.

Jackson, Faye Hall, Sung, Heidi, Joyce K. Thornton. (2020). Use And Satisfaction Of Library Resources And Services By Hospitality Patrons: An Exploratory Study.

Katili, A. Y. P., & Ip, S. (2019). Analisis Hospitality Dan Personal Branding Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Informasi Di Balai Layanan Perpustakaan Unit Grhatama Pustaka (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Khodijah, N. (2015). Analisis Sitiran Pada Skripsi Jurusan Hospitality Dan Ketersediaan Koleksi Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarukmo Yogyakarta Tahun 2010–2012 (Doctoral Dissertation, Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Lestari, D. A. B., Astuti, B., & Darsono, T. (2018). Implementasi Lks Dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 202–207. Https://Doi.Org/10.29303/Jpft.V4i2.80

Sultan,”Pelayanan Prima Dalam Perspektif Islam”, Dalam Https://Binrohsij.Wordpress.Com/2014/01/11/196, Diakses Pada 24 Desember 2021, Jam 14:15.

Winedar, H., Listyawati, S., & Sutarno. (2006). Daya Cerna Protein Pakan, Kandungan Protein Daging, Dan Pertambahan Berat Badan Ayam Broiler Setelah Pemberian Pakan Yang Difermentasi Dengan Effective Microorganisms-4 (Em-4). Jurnal Bioteknologi, 2(1), 14–19. Https://Doi.Org/10.13057/Biotek/C030103