PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI SOFIA RESTAURANT JAKARTA

Authors

  • Muhammad Raihan Ramadhan STIE Pariwisata Internasional
  • Rully Arifiansyah STIE Pariwisata Internasional

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2118

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menguji pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Sofia Jakarta. Perangkat ilmiah yang digunakan adalah relapse yang berbeda, untuk uji spekulasi menggunakan uji 1 dengan contoh 100 responden. Mengumpulkan informasi melalui polling dengan menggunakan ukuran Likert dari 5 (lima) tanggapan elektif. Prosedur pemeriksaannya adalah pemeriksaan non-kemungkinan dengan strategi pemilihan informasi pengujian purposive. Model inspeksi purposive adalah responden yang sudah 2 (dua) kali berkunjung ke Sofia tanpa henti. Prosedur pemeriksaan informasi menggunakan uji praduga gaya lama (Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Linieritas) dengan menggunakan program SPSS varian 20. Konsekuensi dari penelitian uji t menunjukkan bahwa kemajuan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas administrasi pada dasarnya mempengaruhi loyalitas konsumen dan pemenuhan administrasi secara keseluruhan mempengaruhi loyalitas konsumen. Sedangkan akibat dari uji f menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat besar antara faktor kualitas barang, kualitas administrasi, dan kemajuan sekaligus terhadap loyalitas konsumen di Restoran Sofia Jakarta.

References

Adam, M. (2017). Definisi Kualitas.

Daga, R. (2017). Pengertian Kualitas Produk.

Firmansyah, M. A. (2019). Bauran Produk.

Hapsari, N. T. (2018). Pengertian Promosi.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (Jrmb) Fakultas Ekonomi Uniat, 4(1), 175–182. Https://Doi.Org/10.36226/Jrmb.V4i1.251

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.

Irawan, F. (2002). Kepuasan Pelanggan.

Komar, R. (2013). Hotel Management.

Kotler, P. (2018). Kepuasan Pelanggan.

Lenzun, J. J., Massie, J. D. D., & Adare, D. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel. Emba, 2(4 December), 5802.

Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran.

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. (2016). Bauran Pemasaran.

Manap, H. A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran Kualitas Pelanggan.

Mardo, S. A. (2016). Kualitas Pelayanan.

Priyatno, D. (2018). Spss Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa Dan Umum. Andi (Anggota Ikapi).

Putranto, A. D., Wardiningsih, S. S., & Suprayitno. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Pelanggan Brownies Amanda Surakarta Cabang Nusukan). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 18(3), 462–472.

Rowley, J. (1998). Promotion And Marketing Communications In The Information Marketplace. Library Review, 47(8), 383–387. Https://Doi.Org/10.1108/00242539810239543

Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Emba, 2, 5973.

Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Cv Andi Offset.

Sastrohadiwiryo, S. (2005). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Sinar Grafika Offset.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta, Cv.

Tjiptono, F. (2000). Perspektif Manajemen & Pemasaran Kontenporer. Andi.

Tjiptono, F. (2015). Manajemen Pemasaran Kualitas Produk.

Tjiptono, F. (2019). Kepuasan Pelanggan.

Tjiptono, F. (2020). Pengertian Kualitas.

Wa, M. (2005). Dimensi Kualitas Produk. Andi.

Wahyuni, H. C., Sulistiyowati, W., & Khamim, M. (2015). Pengendalian Kualitas. Graha Ilmu.

Wijaya, T. (2018). Definisi Kualitas.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Ramadhan, M. R. ., & Arifiansyah , R. . (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI SOFIA RESTAURANT JAKARTA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1667–1682. https://doi.org/10.32670/ht.v1i11.2118