ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI PELAYANAN PT. PKSS GROUP BRI UBis PALANGKA RAYA
Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Pelayanan Publik, Keputusan Konsumen, Jasa Pengelolaan SDMAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menanalisis kepuasan pelanggan yang mana menjadi faktor penting dalam memahami kualitas pelayanan suatu perusahaan. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi pustaka (literatur) untuk menganalisis kepuasan pelanggan dalam konteks pelayanan yang diberikan oleh PT. PKSS Group BRI UBis Palangka Raya. Data diperoleh melalui tinjauan yang relevan. Data yang terkumpul dianalisis dengan mengidentifikasi temuan-temuan yang relevan tentang kepuasan pelanggan dalam literatur yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti responsifnya pelayanan, kualitas produk dan layanan, serta Kelengkapan Pelayanan yang relevan dengan preferensi Konsumen. Studi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang kepuasan pelanggan dalam konteks pelayanan perusahaan yang diteliti dan dapat menjadi dasar untuk perbaikan pelayanan di masa depan.
References
Ambalele, E. (2023). Pengaruh Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai PT Prima Karya Sarana Sejahtera. Journal of Applied Management and Business Research (JAMBiR), 3(1), 1-5.
Aprilia, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Rekrutmen, Seleksi, Dan Penempatan Tenaga Kerja Pada Bank Syariah Indonesia Kc Panorama Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Damayanti, L. D., Suwena, K. R., & Haris, I. A. (2019). Analisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik berdasarkan indeks kepuasan masyarakat (IKM) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 21-32.
Franata, J. (2022). Identifikasi Faktor-Faktor Pendukung Untuk Mencapai Ke Efektifan Proses Rekrutmen Dan Seleksi Pada Bank Bri Kantor Cabang Manado.
Gasba, N. F. A. (2022). Analisis Perhitungan Pph Badan Pt Prima Karya Sarana Sejahtera Berdasarkan Fiskal (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).
Handayani, E. M. D., Pratiwi, H. D., Aulliah, R. F., & Fahreza, M. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Berfokus Pada Kinerja Di Perusahaan Konsultan IT. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2916-2923. Hal 2917
Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan pelanggan pt. sucofindo batam. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 232-243.
Maulana, A., & Purwati, S. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan Pada Pt Pkss (Studi Kasus House Keeping Rawat Jalan RSPP). Jurnal Manajemen Almatama, 1(1), 51-60.
Maya, D. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Umkm Di Revolusi Industri 4.0 Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Nainggolan, R. (2022). Pengaruh Privasi, Daya Tanggap, Kemudahan Penggunaan, Keandalan, Keefisienan, Kepuasan Pelanggan Terhadap Kesetiaan Pelanggan Dengan Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shopee (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).
Putra, S. A., & Sari, V. W. (2022). Pengadaan SDM Perusahaan. Yayasan Kita Menulis. Handayani, E. M. D., Pratiwi, H. D., Aulliah, R. F., & Fahreza, M. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Yang Berfokus Pada Kinerja Di Perusahaan Konsultan IT. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2916-2923.
Sri, A. R. (2022). Analisis Burnout Lingkungan Kerja Dan Pengembangan Karir Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Menurut Perspektif Bisnis Islam (Studi Pada Karyawan Security Outsourcing Di PT PKSS Lampung) (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Suryani, N. K., & SE, M. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia: Tinjauan Praktis Aplikatif. Nilacakra.
Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399-410.
Yusuf, B., & Al Arif, M. N. R. (2015). Manajemen sumber daya manusia di lembaga keuangan syariah.