PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRESEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI HOTEL INDONESIA KEMPINSKI JAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2i01.1694Keywords:
Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Lokasi, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang menginap di Hotel Indonesia Kempinski. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan 100 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden dan analisisnya menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, variabel persepsi harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, variabel lokasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dan dari analisis ini dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan, harga Variabel persepsi dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Hotel Indonesia Kempinski secara simultan.
References
Afrizawati. (2012). Analis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Arista Palembang. Jurnal Orasi Bisnis , Edisi Ke-VII, Hal. 59-67.
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfa Beta.
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV,Alfabeta.
Alma, Buchari. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi keduabelas. Bandung: Alfabeta.
Atmanegara, e. a. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol. 9 No.1 Juni. Hal. 79-89.
Barnes, James G. (2003). Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Buchari, A. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfa Beta.
Budi, Agung Permana. (2013). Manajemen Marketing Perhotelan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Chulaifi, M. I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada Pt. Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. Jurnal Hasil Penelitian LPPM, Vol. 03, No.1, Hal 40 - 54.
Dharmmesta, B. S., & Handoko, H. (2016). Manajemen Pemasaran. Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: IKAPI.
Dominici, Gandolfo & Rosa Guzzo. (2010). Customer Satisfaction in the Hotol Industry : A Case Study from Sicily. International Journal of Marketing Studies, 2 (2), 3-12.
Fiqihtah, E. e. (2019). Kulitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan. Manager Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 2, No. 1, Maret, Hal. 127 – 144.
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Deeppublish.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Jakarta: Qiara Media.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan: CV. Qiara Media.
Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Pasuruan: CV. Qiara Media.
Ghozali. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Univ Diponegoro.
Harjati, L. &. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Maskapai Penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal WIDYA Ekonomika , Vol. 1, No. 1, hal 64-74.
Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Heizer, J. d. (Edisi 11. 2015). Manajemen Oprasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Jakarta: Salemba Empat.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV, Alfabeta.
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Fokus pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Bandung: Alfabeta, CV.
Hurriyati, Ratih. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Jilid 4. Bandung: Alfabeta.
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14, No. 1, April 2020, 25─34, 25-33.
Kotler & Gary Armstrong. (2018). Principels of Marketing. Edisi 17. United States: Pearson Education.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsiples of Marketing. London: Pearson Education.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsiples of Marketing. London: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.
Laksana, F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Depok: Khalifah Mediatama.
Laksana, F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Depok: CV AL FATH ZUMAR.
Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Laksana, Fajar. (2019). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jawa Barat: Khalifah Mediatama.
Lipiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Lipiyoadi, R. (Edisi 3. 2013). Manajemen Pemasaran Jasa : Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.
Lovelock, Christopher, et, al. (2010). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia. Jilid 2. Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Lovelock, Christopher,et, al. (2011). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi Perspektif Indonesia. Jilid 1. Edisi Ketujuh. Jakarta: Erlangga.
Lusiah. (2018). Loyalitas Pelanggan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Deepublish.
Maksum, M., & Satrio, R. B. (2018). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Wingstop. Ilmu dan Riset Manajemen, 1-22.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Ma'ruf, H. (2005). Pemasaran Ritel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Moha, S. &. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol.4 No.1 Maret, Hal. 575-584.
Mursidi, A., Zulfahita, Setyowati, R., Wulandari, F., Mertika, Susanto, H., . . . Sumarli. (2020). Buku Ajar Pengantar Kewirausahaan. Klaten: Lakeisha.
Nugraha, A., Elpawati, & Sabrina, N. A. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut di Jakarta Barat. Agribisnis, Vol.12.No 2. 148-156.
Peter J. Paul & Jerry C. Olson. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran. Edisi 9. Buku 2. Jakarat: Salemba Empat.
Peter, J., & Olson, J. (2013). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran EDISI 9. Jakarta: Ariyanto.
Poniman, B., & Choerudin, A. (2017). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Poniman, Budhi & Achmad Choirudin. (2017). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.
Priyatno. (2014). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: CV Andi OFFSET.
Rossalia, D., Mukhyiddin, M. A., Fitriyani , E., & Arifiyani, F. R. (2017). Mega Bank SBMPTN SOSHUM 2018. Jakarta: Kawahmedia.
Sabrina, N. P., Elpawati, & Nugraha, A. T. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Diferensasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut di Jakarta Barat. Jurnal Agribisnis, Vol.12, 143-157.
Saleem, Hamad & Naintara Sarfraz Raja. (2014). The Impact of Service Quality on Customer Satisfaction, Customer Loyalty and Brand Image: Evidence from Hotel Industry of Pakistan. Middle-East Journal of Scientific Research 19 (5): 706-711.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Santosa, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere, dan E-Wom Terhadap Proses Keputusan Pembelian di Zenbu-House Bandung. Manajemen Maranatha, Vol 18. No 2. 143-158.
Santoso, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere, dan E-Wom Terhadap Proses Keputusan Pembelian di Zenbu-House Bandung. Manajemen Maranatha, Vol 18. No 2. 143-158.
Sari, A. R., & Yasa, N. K. (2020). Kepercayaan Pelanggan di Antara Hubungan Citra Perusahaan dan Kewajiban Harga Dengan Loyalitas Pelanggan . Klaten: Lakeisha.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2018). Perilaku Konsumen Edisi Ke 7. Jakarta Barat: PT INDEKS.
Setiyaningrum, A., Udaya, J., & Efendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Simanjuntak, P. (2011). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia.
Sudaryono. (2014). Perilaku Pemasaran Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendikia.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyarkarta: CV. ANDI OFFSET.
Sugita, R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Aiola Eatery Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 6, No 11, November. 2461-0593.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta CV .
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaeman, I. (2016). Kualitas Pelayanan dan Strategi Marketing Terhadap Kepuasan Pada Suria City Hotel Bandung. Jurnal Lentera Bisnis., Vol. 5 No. 2 November. 2252-9993.
Suryadana & Vanny Octavia. (2015). Pengantar Pemasaran Pariwisata. Edisi 1. Bandung: Alfabet.