IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB PADA DESA KARYASARI MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE

Main Article Content

Anik Sri Wahyunungsih
Safitri Silaban

Abstract

Sistem informasi berbasis web merupakan inovasi teknologi memamfaatkan internet yang berkembang pesat pada saat ini. Adapun salah satu penerapan dalam instansi pemerintah yang dekat dengan masyarakat yaitu mengenai pelayanan publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem informasi layanan pengaduan masyarakat berbasis web pada desa Karyasari menggunakan metode prototype. Metode penelitian yang digunakan adalah metode prototype mulai dari pengumpulan kebutuhan,membangun prototyping, evaluasi prototyping, mengkodekan sistem, menguji sistem dan evaluasi sistem. Hasil penelitian ini berhasil merancang sistem informasi layanan pengaduan masyarakat berbasis web yang membantu dalam peningkatan pelayanan publik di Desa Karyasari. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang ada, meningkatkan efisiensi proses pembuatan surat, pengurusan Kartu Keluarga dan pelaporan infrastruktur dan juga memudahkan masyarakat di Desa Karyasari dalam mengakses layanan publik, mengajukan pengaduan serta mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Article Details

How to Cite
Wahyunungsih, A. S., & Silaban, S. . (2023). IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI LAYANAN PENGADUAN MASYARAKAT BERBASIS WEB PADA DESA KARYASARI MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(11), 2429–2439. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3831
Section
Articles

References

Adha, L. A. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 267-298.

Al Hasri, M. V., & Sudarmilah, E. (2021). Sistem Informasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Website Kelurahan Banaran. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 20(2), 249-260.

Asidhiqi, U., & Hartanto, A. D. (2013). Pembuatan Dan Perancangan Sistem E-Letter Berbasis Web Dengan CodeIgniter Dan Bootstrap Studi Kasus: Kantor Kecamatan Klego. Data Manajemen Dan Teknologi Informasi (DASI), 14(4), 54.

Effendi, S. V., Rohmah, M. F., & Ristono, J. (2020). Sistem Informasi Pembayaran Di Sdn Kebondalem (Doctoral dissertation, universitas islam majapahit).

Fauziyyah, S. (2020). Sistem Informasi Manajemen Akuntansi Di PT. Pindad (Persero) Cabang Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Kesuma, A. (2020). Analisis Kebutuhan Dan Perancangan Sistem Informasi Pelaporan Insiden Siber Berbasis Website (Studi Kasus Divisi Persandian dan Keamanan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah) (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Sansena, Y. (2021). Implementasi Sistem Layanan Pengaduan Masyarakat Kecamatan Medan Amplas Berbasis Website. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 15(2), 91-102.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (20th ed.). CV Alfabeta.

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2019, October). Sistem informasi penjualan tiket wisata berbasis web menggunakan metode waterfall. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 2, No. 1, pp. 273-276).

Zailani, A. U., Perdananto, A., & Ardhiansyah, M. (2020). Penggunaan Model Prototype dalam Membuat Library System di SMPIT AL Mustopa. SMARTICS Journal, 6(2), 89-96.