ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERTAMINA SAHABAT NELAYAN PT PERTAMINA PATRA NIAGA IT SEMARANG

Main Article Content

Arya Aji Asmoro
Luthfi Nurwafi
Milasania Shintadewi

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan strategi perusahaan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dan berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan sosial. PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Semarang telah melaksanakan berbagai program CSR yang berfokus pada peningkatan aspek ekonomi, sosial, pendidikan, dan lingkungan. Program Pertamina Sahabat Nelayan merupakan salah satu program CSR yang telah berjalan sejak 2020 di Kampung Tambak Mulyo, Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan masyarakat terhadap program Pertamina Sahabat Nelayan melalui analisis pengukuran indeks kepuasan masyarakat (IKM). Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi tambahan. Hasil indeks kepuasan masyarakat menunjukkan bahwa pelaksanaan program Pertamina Sahabat Nelayan secara keseluruhan mendapatkan respon sangat puas dari penerima manfaat mulai dari tahap perencanaan, implementasi, hingga tahap monitoring dan evaluasi. Keberhasilan program pada penilaian indeks kepuasan masyarakat merupakan akumulasi pada aspek keseluruhan program, manajemen program, serta penyaluran dan pelayanan program CSR.

Article Details

How to Cite
Asmoro, A. A., Nurwafi, L., & Shintadewi, M. (2023). ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PERTAMINA SAHABAT NELAYAN PT PERTAMINA PATRA NIAGA IT SEMARANG. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(8), 1751–1760. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3487
Section
Articles

References

Achmad, R. W. (2021). Monitoring dan Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Berbasis Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Manajemen, 2(1), 29-37.

Cahyono, H., Panut, Y. I., Nurwafi, L., & Asmoro, A. A. (2022). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Program Corporate Social Responsibility Wisata Mangrove Edupark Tambakrejo PT Pertamina Patra Niaga IT Semarang. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 1(12).

Carrol, A. B. (2016). Caroll’s Pyramid of CSR: Taking Another Look. International Journal of Corporate Social Responsibility, 1(3).

Hildawati. (2020). Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kelompok Nelayan Tuna Terhadap Program CSR PT Pertamina RU II Dumai. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(2), 151-165.

Indira Gandhi National Open University. (2020). CSR Needs Assessment. New Delhi: Indira Gandhi National Open University.

Latapi Agudelo, M. A., Jóhannsdóttir, L., & Davídsdóttir, B. (2019). A Literature Review of the History and Evolution of Corporate Social Responsibility. International Journal of Corporate Social Responsibility, 4(1), 1-23.

Permatasari, M. P., & Setyastrini, N. L. (2019). Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Ditinjau Dari Teori Legitimasi dan Teori Stakeholder. Jurnal Akuntasi dan Perpajakan, 5(1), 29-43.

Putri, A. (2022). Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Program CSR Kelompok Kampung Wisata Eka Jaya Terhadap PT Pertamina Patra Niaga DPPU Sultan Thaha. Journal Transformation of Mandalika, 2(3), 102-113.

Rudito, B., & Famiola, M. (2013). Corporate Social Responsibility. Bandung: Rekayasa Sains.

Yusdantara, I. K., & Rahanatha, G. B. (2015). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan (Studo Pada PT. Coca Cola Amatil Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, 4(4), 813-831.