ANALISIS RELATIONSHIP MARKETING DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN UNIT USAHA WASERDA
Keywords:
Relationship Marketing, Pelayanan, KoperasiAbstract
KSU Mitra Saudara Merupakan Koperasi Karyawan PT. Bank Woori Saudara Indonesia. Koperasi ini memiliki 5 (lima) unit usaha. Permasalahan yang di hadapi Waserda KSU Mitra Saudara terdapat pada pelayanan. Kerugian yang dialami setiap tahun, serta pendapatan usaha yang rendah setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksaanaan relationship marketing, pelayanan, dengan upaya meningkatkan pelayanan di Waserda KSU Mitra Saudara Bandung, untuk mengetahui tanggapan pelanggan tentang relationship marketing yang ada di Waserda KSU Mitra Saudara Bandung, Untuk mengetahui penilaian anggota terhadap pelayanan yang ada di Waserda KSU Mitra Saudara Bandung. Untuk mengetahui upaya-upayaa yang di lakukan Waserda KSU Mitra Saudara Bandung untuk meningkatkan pelayanan melalui relationship marketing yang berpengaruh ke pendapatan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan kuesioner. Hasil data yang diperoleh dianalisis melalui analisis deskriptif. Sehingga penulis bisa menyimpulkan bahwa indikator mana saja yang harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa relationship marketing dan pelayanan bisa di sebut cukup baik. dilihat dari jawaban responden secara keseluruhan kriteria baik, namun perlu di tingkatkan lagi.
References
Arifin Ramudi (2003). Ekonomi Koperasi.Penerbit Ikopin Press:Bandung .` Hak dan kewajiban anggota koperasi diatur dalam pasal 20 UU No. 25
(http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1566784877 uu 1992 25 perkoperasian.pdf)
Hendar, Kusnadi. (2007). Ekonomi Koperasi. Edisi Kedua. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Kotler, Philip dan Gary Armstrong (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 2.
Koperasi KSU Mitra Saudara Bandung Indonesia . (2018-2022). Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus Pengawas.
Ndubisi, N.O. (2003). Relationship Marketing and Customer Loyalty, Marketing Intelligence and Planning, Vol 25, No. 1, 2003, pp.98-106.from Emerald Group publishing limited.
Ndubisi, N.O. (2003). Relationship Marketing and Customer Loyalty, Marketing Intelligence and Planning, Vol 25, No. 1, 2003, pp. 98-106.
Ndubisi, N.O. (2007). Relationship Marketing and Customer Loyalty. Marketing Intelligence and Planning, Vol 25, No. 1, pp.98-106.
Philip Kotler & Gary Amstrong. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid II Edisi ke 13, Erlangga:Jakarta
Sukirno Agus dan I Cekik Ardana. (2009). Etika Dunia Bisnis dan Profesi. Jakarta: Salemba empat, hlm . 127-128
Terry, George R. (2010) Dasar-Dasar Manajemen. (Terje: G.A. Ticoalu) Jakarta: Bumi Aksara.