PENGARUH RELIGIUSITAS, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGINAP DI WISMA SYARIAH ACEH HOUSE
Keywords:
Religiusitas, Harga, Lokasi, Keputusan KonsumenAbstract
Persaingan dalam dunia bisnis dewasa ini dirasakan semakin ketat, seiring dengan bertambahnya usaha yang sejenis. Pertumbuhan wisma syariah ini terhitung lambat dibandingkan dengan wisma konvensional, dikarenakan segala hal harus sesuai syari’ah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh religiusitas, harga dan lokasi terhadap keputusan konsumen menginap di Wisma Syariah Aceh House. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif, yang berlokasi di Wisma Syariah Aceh House di Jalan K.H Wahid Hasyim Babura Kec Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20153. Penelitian ini dimulai Februari 2021 s.d November 2021 dengan jumlah sampel yang diteliti 80 orang konsumen. Diperoleh hasil penelitian statistik secara parsial dan simulatan. Religiusitas, Harga dan Lokasi berpengaruh signifikan dan positif terhadap Keputusan Konsumen Menginap di Wisma Syariah Aceh House dengan nilai koefisien determinasi kuat dengan berarti variabel terikat dapat dipengaruhi oleh variabel bebas, sementara sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
References
Aditya Pranoto. “Analissi Konsep Hotel Syariah Pada Hotel Sofyan Jakarta Sebagai World’s Best Family friendly Hotel”, Jakarta: Jurnal Sains Terapan Pariwisata, Vol.2, No.3, p. 354367, 2017, h.119
Clement, S. (2019). SME Decision Making in Using Bank Loans: Applying an Adapted Model with Attitudinal Variables of the Theory of Planned Behaviour in Nigeria. University of Bedfordshire
Fauziah, Mira. "Metode Dakwah dalam Membangun Religiositas Masyarakat." Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah 19.2 (2013).
Fransiska Marlen, Pengaruh promosi, fasilitas, lokasi dan harga terhadap keputusan menginap (studi Pada Hotel T-More Kupang, jurnal Bisnis & manajemen Vol 10, No 2 Juli 2018, hal 96 – 109.
Fristi Bellia Annashia dan Eko Prasetiyo, Pengaruh harga dan Fasilitas terhadap keputusan Tamu menginap di Hotel Best Western premier the Hive Jakarta, Jurnal Hospital dan Pariwisata Vol 4 No 1 tahun 2019 ISSN 2442-5222.
Harahap, Isnaini, et, al. Hadis-Hadis Ekonomi. Jakarta: Kecana, 2015.
Isyanto, Budi DKK. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian Jasa Rental Mobil di Surakarta Agustus Semarang 2015
Kasmir, Kewirausahaan,(Jakarta;Raja Grafindo Persada, 2014), h. 340
Mabruroh, Analisis Keputusan Menginap Di Hotel Syariah Berdasarkan Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Pada Pelanggan Hotel Syariah Di Surakarta, Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016
Mega Yuliani,”Faktor-faktor yang mempemgaruhi keputusan konsumen berkunjung dan menikmati wisata di delta fishing”, Surabaya: Jurnal Ilmu dan riset Manajemen, Vol. 2, No.2, 2013, h.4
Pakkawaru, Irham. 2018. Pengaruh Tingakt Religiusitas, Kualitas Layanan Terhadap keputusan Menabung dan Informasi Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Bilancia, 12(2), p.365-387.
Ridwan, Muhammad et al, Ekonomi MikroIslam II. Medan: UINSU, 2017.
Siregar, Sofian. Sistematik paramertik untuk penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabert, 2016.
Yasir zahri1 , hafasnuddin , Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Beli Produk/Jasa Bank Syariah Dengan Sikap Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Nasabah Bank Konvensional Di Kota Banda Aceh) Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 1, No. 1, Agustus 2016.