ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSIF BUYING PADA KONSUMEN MINIMARKET DITENGAH PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Sarifah Lewi
Sri Sudiarti
Atika Atika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi impulsif buying pada konsumen minimarket ditengah pandemi covid-19. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Sampling Aksidential. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 80 responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji SPSS menunjukkan secara parsial variabel price discount (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap impulsif buying hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel (0,101 < 1,6651). variabel bonus pack (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap impulsif buying hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (2,561 > 1,6651). variabel pendapatan (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap impulsif buying hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,656 > 1,6651). Dan uji secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel price discount, bonus pack dan pendapatan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai impulsif buying. Yang mana hasil diperoleh F hitung sebesar 38,691 sedangkan F tabel sebesar 3,12. Berdasarkan uji Determinasi (R2) sebesar 58,9% yang menunjukkan bahwa model yang dibuat untuk memprediksi pengaruh variabel price diacount, bonus pack dan pendapatan mampu menerangkan realisasi variabel impulsif buying sebesar 58,9% sedangkan sisanya sebesar 41,1% dipengaruhi variabel lain.

Article Details

How to Cite
Lewi, S. ., Sudiarti, S. ., & Atika, A. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSIF BUYING PADA KONSUMEN MINIMARKET DITENGAH PANDEMI COVID-19. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 71–82. https://doi.org/10.32670/ht.v2i1.2629
Section
Articles

References

Alma, Bukhari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2000.

Arifin, Imamul dan Giani Hadi Wagiana. Membuka Cakrawala Ekonomi. Bandung: PT Setia Purna Inves, 2007.

Atamimi, Nuryati, dkk. Hubungan Self Monitoring dengan Impulse Buying terhadap Produk Fashion pada Remaja. Jurnal Psikologi. 2015.

Augusty, Ferdinand. Metode Penelitian Manajemen ;Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan disertasi Ilmu Manajemen, Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang, 2006.

Belch, George E & Michael A. Belch. Advertising and Promotion : an integrated marketing communications perspective. New York, NY : McGraw-Hill Education,2018.

Komala, Cucu. Perilaku Konsumsi Impulse Buying Perspektif Iman Al-Ghazali, Jurnal Perspektif Vol. 2 No. 2. 2018.

Rofidi, Moch.Arkhan Nur, (2017).”Pengaruh Price Discount, Bonus Pack dan Pelayanan terhadap Peningkatan Impulse Buying pada toko bangunan UD Aryan Kec.Plemahan Kab.Kediri”,Jurnal Ekonomi Manajemen Vol.01 No.03.

Suharyono, (2016) Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pembelian Impulsif (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian Impulsif di Distro second Cabang Mall Olympic Garden Malang, Jurnal Administrasi Bisnis 36, No. 1.

Widyana, (2020). Skripsi:”Pengaruh Price Discount terhadap keputusan impulse buying dalam perspektif Ekonomi Islam”. Metro: IAIN.

Wilujeng, Sri. (2017). ”Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack terhadap Impulse Baying konsumen indomaret di kecamatan sukun kota Malang”Seminar nasional & call for paper:Malang.

Yunafiroh, Risqika.( 2019). “Pengaruh Potongan Harga, Promosi Penjualan dan Display terhadap Peningkatan Impulse Buying Konsumen di Toko Waralaba Indomaret Raya Pattimura Baru Tulungagung (prespektif ekonomi Islam),” Skripsi. Tulungagung: Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.