PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI BURGER KING TRANS STUDIO MALL CIBUBUR
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v2i01.1695Keywords:
kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek, keputusan pembelian.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian pada Burger King Trans Studio Mall Cibubur. Dalam penelitian ini penulis melakukan survey dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen Burger King Trans Studio Mall Cibubur. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 konsumen yang diperoleh dengan menggunakan teknik accidental. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas dan reliabilitas. Untuk menguji pengaruh kualitas produk, citra merek, kepercayaan merek, penulis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan hasil uji t signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat signifikansi uji t 0,002 dan kepercayaan merek berpengaruh signifikan dengan tingkat signifikansi 0,000. Secara simultan semua variabel berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil signifikansi uji F sebesar 0,000.
References
Anggraeni, A. R. and Soliha, E. (2020) ‘Kualitas produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang’, Al Tijarah, 6(3), pp. 96–107.
Ballester, E. D. and Aleman, J. L. M. (2005) ‘Does Brand Trust Matter To Brand Equity’, Journal of Product and Brand Management, 14(3), pp. 187–196.
Fauzan, M. R., Sutomo, M. and Mubaraq, R. (2015) ‘Pengaruh Kepercayaan Merek, Periklanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Isotonik Mizone Di Kota Palu’, Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 1(1), pp. 7–14.
Ishak, A. M. and Yuniati, T. (2018) ‘Pengaruh Kualitas Produk , Brand Trust , Harga Dan Word of Mouth Terhadap Pembelian Coffee Beer’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593.
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ginting, V. S. B., Irianto, H. and Utami, B. W. (2017) ‘Pengaruh Gaya Hidup, Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Ngopi Serius Di Surakarta’, Agrista, 5(1), pp. 145–154.
Guillen, M. J. Y. et al. (2003) ‘Development and Validation of a Brand Trust Scale’, International Journal of Market Research, 45(1), pp. 1–18.
Hafizh, F. Al and Oktafani, F. (2021) ‘Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ngikan Yuk Kota Bandung’, e-Proceeding of Management, 8(6), p. 179.
Indrasari, D. M. (2019) pemasaran dan kepuasaan pelanggan. Surabaya: Unitomo press
Keller, kevin lane (2013) ‘Strategic Brand Management’, Journal of Brand Management. doi: 10.1057/bm.1998.36.
Kotler, P. and Armstrong, G (2008) Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12 jilid1. Jakarta: Erlangga
Priyastama, R. (2017) Buku Sakti Kuasai SPSS Pengolahan Data & Analisis Data. Yogyakarta: Start Up.
Priyatno, D. (2018) SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum.Yogyakarta: Andi Offset.
Rahayu, D. D. and Rulirianto (2020) ‘Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen Mie Bangcad di Kota Malang’, Jurnal Aplikasi Bisnis, 6(1), pp. 6–9
Rangkuti, F. (2009) strategi promosi yang kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Lau, G. T. and Lee, S. H. (2000) ‘Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty’, Journal of Market-Focused Management, 4(4), pp. 341– 370.
Sandala, D., Massie, james D. . and Tumbuan, W. J. F. A. (2019) ‘Pengaruh Viral Marketing, Food Quality Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mom Milk Manado’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3), pp. 2721–2730.
Shimp, T. a (2003) periklanan promosi aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu. Jakarta: Erlangga.
Shukla, P. (2011) ‘Impact of interpersonal influences, brand origin and brand image on luxury purchase intentions: Measuring interfunctional interactions and a cross-national comparison’, Journal of World Business, 46(2), pp. 242–252.
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Manajemen. ke 4. Edited by Setiyawami. Bandung: Alfabeta.
Yulianti, N. M. D. R. (2020) ‘Pengaruh Brand Image , Green Marketing Strategy , dan Emotional Desire Terhadap Keputusan Pembelian Produk McDonald’s’, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(1), pp. 69–79.
Yusra, I. and Nanda, R. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cafe Kinol Bistro N’Poll Di Kota Padang’, Jurnal Pundi, 3(3), p. 161.
Vaclavik, V. A. and Christian, E. W. (2008) Essentials Of Food Science. USA: Springer
Wierenga, B. and Bruggen, G. Van (2000) Marketing Management Support Systems. Jerman: Springer Science Business Media.