MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN DI MCDONALD’S KELAPA DUA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2490Keywords:
kualitas produk, persepsi harga, loyalitas pelanggan, kepuasan pelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas produk dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di McDonald’s kelapa dua depok. Kualitas produk merupakan tujuan utama yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan untuk dapat mengunjungi tempat tersebut, dengan kualitas produk yang baik,selain itu persepsi harga juga sebagai penentu untuk pelanggan yang datang. Serta pelangggan merasa puas dan akan membeli secara terus menerus. Penelitian ini mengunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan metode purposive sampling. Dengan sampel 135, minimal dua kali berkunjung. Analisis data yang digunakan jenis path analisis. Penulis mengunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan menganalisis data mengunakan SmartPLS 3 (Uji validitas konvergen, Uji validitas diskriminan, Uji reabilitas konstruk, Uji multikolineritas konstruk) serta pengghubung atau inner model(R-Square (R^2), Standardized Root Mean Square Residual (SRMR), F-Square, Q-Square). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kualitas produk dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, lalu terdapat pengaruh tidak langsung kualitas produk dan persepsi harga melalui kepuasan pelanggan.
References
Afnina, & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21–30. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.458
Barnes, J. G. (2003). Secrets of Customer Relationship Management. Andi.
Budiastari, S. (2012). Pengaruh kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap, Merek dan Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pakai, Siap Di, Holcim. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 87–106. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdmb/article/view/3926
Cahyani, F. G., & Sonang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19.
Chin, W. W. (1998). The partial least squares approach for structural equation modeling. Modern Methods for Business Research, January 1998, 295–336.
Dehghan, A., & Shahin, A. (2011). Customer Loyalty Assessment-A Case Study in MADDIRAN, the Distributor of LG Electronics in Iran. Business Management and Strategy, 2(1), 2. https://doi.org/10.5296/bms.v2i1.628
Familiar, K., & Maftukhah, I. (2015). Management Analysis Journal Pelanggan, Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan. Management Analysis Journal, 4(4), 348–354.
hurriyanti, ratih. (2015). Bauran_pemasaran.pdf. ALFABETA,cv.
Husodho, W. R. (2015). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Obyek Wisata Dumilah Water Park Madiun. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 3(2). https://doi.org/10.25273/equilibrium.v3i2.667
Joshi, A., Kale, S., Chandel, S., & Pal, D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, 7(4), 396–403. https://doi.org/10.9734/bjast/2015/14975
Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i11.p06
Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing.pdf. person education limited.
kotler, philip, & Keller, kevin lane. (2008). buku manajemen pemasaran jilid 1 edisi 13.pdf (A. Maulana & W. Hardini (eds.)). ERLANGGA.
Kotller, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. In Manajemen Pemasaran (Vol. 7).
Liat, C. B., Mansori, S., & Huei, C. T. (2014). The Associations Between Service Quality, Corporate Image, Customer Satisfaction, and Loyalty: Evidence From the Malaysian Hotel Industry. Journal of Hospitality Marketing and Management, 23(3), 314–326. https://doi.org/10.1080/19368623.2013.796867
Montung, P., Jantje, S., & Adare, D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Restoran Kawan Baru. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 678–689.
Oliver, R. l. (1999). whence consumer loyalty. 63.
Peter, J. pau., & Olson, jerry c. (2014). perilaku konsumen & strategi pemasaran.pdf. mc graw.
Rosnaini. (2019). Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (Issue May 2017). GLOBAL RESEARCH AND CONSULTING INSTITUE.
Schiffman, & Kanuk, L. leslie. (2000). Perilaku Konsumen, edisi ketujuh. PT.INDEKS.
Sugiyono. (2017). statistika untuk penelitian.pdf. ALFABETA,cv.
Tjiptono, F., & Chandra, gregorius. (2016). Service Quality dan Satisfaction Edisi 4. In C.V Andi Offset. cv.andi offset.
Vaclavik, vickie a, & christian, elizabeth w. (2008). Essentials of food science.