PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS 2 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 CILEGON KOTA CILEGON

Main Article Content

Elly Herlina

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran penemuan dapat membantu orang belajar lebih banyak tentang ekonomi. Teknik pengumpulan data meliputi studi dokumen, tes, dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dengan adanya peningkatan hasil belajar per siklus, dimana pada pra siklus terdapat 9 siswa atau 25,71 persen yang tuntas pada pra siklus, pada siklus I terdapat 18 siswa atau 51,43 persen, dan pada siklus II terdapat 32 siswa atau 91,43 persen, hasil ini sesuai dengan indikator yang ditentukan yaitu nilai KKM 70 diatas 85 persen. Persentase ketuntasan hasil belajar ekonomi siswa yang semula pada pratindakan sebesar 25,71 persen atau hanya 9 siswa dengan rata-rata 59,14; pada siklus I mencapai 51,43 persen atau 18 siswa dengan rata-rata 64,86; dan pada siklus II mencapai 91,43 persen atau 32 siswa dengan rata-rata 73,71. sehingga hipotesis tindakan dalam penelitian ini diterima.

Article Details

How to Cite
Herlina, E. . (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS 2 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 CILEGON KOTA CILEGON. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(4), 709–719. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3070
Section
Articles

References

Abdullah Sani, R. 2013. Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi. Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hsb, S. R. (2020). Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Iv Sd Negeri 027 Danau Lancang Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 3(1), 141-144.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. 2013b. Materi pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud. Jakarta.

Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep &. Penerapan. Surabaya: Kata Pena

Pemerintah Republik Indonesia, 2003, Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva PRESS. Yogyakarta.

Nilamsari, N. (2014). Memahami studi dokumen dalam penelitian kualitatif. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181.

Salmi, S. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas xii ips. 2 sma negeri 13 palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 6(1), 1-16.

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 5 SD negeri mangunsari 07. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76-81.

Suharman, S. (2018). Tes Sebagai Alat ukur Prestasi Akademik. AT-TA'DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 93-115.

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. ARRuzz Media. Yogyakarta.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep,

Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan KTSP. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Widayati, S., & Ariatmi, S. Z. (2013). Upaya meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Suatu Benda melalui Penerapan Metode Discovery Learning untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri I Gombang, Cawas, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Wati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Perhatian Anak Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan pada Anak Kelompok B TK Nurul Ibadah Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 114-123.