PENGGUNAAN APLIKASI ASABRI MOBILE DALAM KEPESERTAAN DAN PENGKLAIMAN DANA PENSIUN

Main Article Content

Shoffi Aufa Siirin

Abstract

Aplikasi Mobile ASABRI merupakan layanan digital yang didalamnya terdapat fitur Individual Account bagi peserta untuk meningkatkan pelayanan kepada pesertanya di era digitalisasi. Oleh karena itu tujuan dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelayanan pada penggunaan ASABRI Mobile bagi kepesertaan dan dana pensiun. Penelitian yang digunakan peneliti adalah desain penelitian menggunakan studi literature. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini adalah kepesertaan awal anggota ASABRI akan mendapatkan nomor Kartu Peserta Asabri yang kemudian dapat diakses melalui ASABRI MOBILE. Peserta mengunduh KPA-e melalui aplikasi ASABRI Mobile dengan memasukkan Nomor KPA-e dan Nomor ponsel. Setelah diverifikasi maka peserta ASABRI dapat dengan mudah dan melakukan pengajuan program secara daring sehingga tidak perlu adanya pendaftaran dan pengajuan awal ketika berada di kantor PT ASABRI.  Kesimpulan dari penelitian ini adalah mekanisme pelayanan pada kepesertaan ASABRI adalah dimulai dari di terbitkannya nomor KPA-e oleh lembaga asuransi PT ASABRI. Pelayanan yang diberikan melalui ASABRI MOBILE sama halnya dengan pelayanan secara langsung yang dimana tetap memperhatikan beberapa dimensi kualitas pelayanan yang berupa keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan tangible.

Article Details

How to Cite
Aufa Siirin, S. (2022). PENGGUNAAN APLIKASI ASABRI MOBILE DALAM KEPESERTAAN DAN PENGKLAIMAN DANA PENSIUN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1221–1226. https://doi.org/10.32670/ht.v1i9.2030
Section
Articles

References

Ardana, I. M. S. (2021). Pengujian Software Menggunakan Metode Boundary Value Analysis dan Decision Table Testing. Jurnal ESIT (E-Bisnis, Sistem Informasi, Teknologi Informasi), 14(3)

Chesanti, P. &. (2018). Pengaruh E-Service Quality terhadap kepuasan pelanggan sebagai pengguna Aplikasi PLN Mobile. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10-17.

Fauzan, M. N., & Habibi, R. (2021). Analisis Dan Perancangan Tracing Sistem Risiko Klim Pembayaran Pt Taspen (Persero) Kcu Bandung. Jurnal Teknik Informatika, 13(3), 46-55.

Kencanawati, A. S. (2017). Kualitas Pelayanan Prima Terhadap Klaimen Asuransi Kecelakaanpada Pt Jasa Raharja (Persero) Cabang Bali. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan.

Khodijah, S. &. (2022). Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Secara Digital Pada PT. Asabri Kantor Cabang Medan. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 242-247.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rozali, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Otentikasi Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi (Studi Kasus PT Taspen Persero Cabang Utama Medan) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sasongko, A. (2017). Sistem Informasi E-dosir Peserta Pensiun Asuransi (Studi Kasus: PT Asabri (Persero) Cabang Pontianak). Techno Nusa Mandiri: Journal of Computing and Information Technology, 97-102.

Sigiro, G. H., & Afiezan, A. (2022). Analisis Sistem Dan Prosedur Klaim Jaminan Hari Tua (Jht) Pada Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 3(2), 305-312.

Siti Nuthasanah, S. (2019). Tanggung Jawab Perusahaan Asuransi Dalam Melindungi Karyawan Yang Mengalami Kecelakaan Kerja (Studi Pada PT. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung). Jurnal Hukum Pactum, 725-724.

Tambusai, A. (2022). Analisis Prosedur Pengajuan Klaim Jaminan Pensiun Pada Bpjs Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota. Ekoma: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 1(2), 121-127.