Kelayakan Novel Yang Telah Lama Pergi karya Tere Liye sebagai bahan bacaan dan penguatan profil pelajar Pancasila
Main Article Content
Abstract
Siswa sering kesulitan menemukan bahan bacaan yang sesuai un-tuk mendukung literasi, sejalan dengan Kurikulum Merdeka ber-basis Profil Pelajar Pancasila yang memiliki enam dimensi karakter. Penelitian ini bertujuan menilai kelayakan novel Yang Telah Lama Pergi karya Tere Liye sebagai bahan bacaan yang menguatkan nilai-nilai tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan se-hingga tidak terikat dengan tempat. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi dokumen. Penelitian ini menganalisis 42 kutipan dalam novel yang mencerminkan dimensi Profil Pelajar Pancasila: beriman dan berakhlak mulia (7 kutipan), berkebhinekaan global (5), gotong royong (10), mandiri (5), bernalar kritis (7), dan kreatif (8). Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan diuji dengan teknik ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel ini menc-erminkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila, sehingga layak dijadi-kan bahan bacaan literasi untuk memperkuat karakter siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Asy’ari, M. (2023). Penerapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Pada Mapel PAI. Khazanah : Journal of Islamic Studies, 2(4), 21–28. https://doi.org/10.51178/khazanah.v2i4.1657
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089–2098. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2400
Iman, B. N. (2022). Budaya literasi dalam dunia pendidikan. Conference of Elementary Studies, 23–41.
Kartikasari, C. A. (2021). Analisis Sosiologi Sastra Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Hafalan Shalat Delisa Karya Tere Liye dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 7–17.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.
Lestari, W. F., Slamet, S., & Chaesar, A. S. S. (2024). Nilai Profil Pelajar Pancasila Dalam Novel Hello Karya Tere Liye Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Sastra di SMA. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(2), 168-180.
Mulia, T., & U’um Qomariyah. (2023). Kelayakan Novel Burlian Karya Tere Liye Sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sastra Bagi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Salingka, 20(1), 51–64.
Ningrum, D. F., Hasanudin, C., & Setiyono, J. (2021). Analisis Bentuk Konjungsi pada Novel Berguru pada Kelana Karya Anisa Prem dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya), 1(1), 122–131.
Purnamasari, A. M., Magdalena, I., & Rosnaningsih, A. (2020). Analisis Penggunaan Huruf Kapital Dan Tanda Baca Pada Paragraf Deskriptif Siswa Kelas 4 Sdn Binong Ii Kabupaten Tangerang. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(1), 13–23. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i1.2564
Rohmah, K. R., Wulandari, R. S., Ponorogo, I., & Ponorogo, S. P. (2023). Kohesi dan Koherensi pada Cerpen Sungai Karya Nugroho Notosusanto. Leksis, 3(April), 28–38.
Rusandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Saifudin, A., et all. (2022). DOI : https://doi.org/10.31539/joes.v5i2.4262. Journal of Elemantary School (JOES), 5, 361–366.
Sania, R., Nofasari, E., & Siregar, S. (2023). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Rumah Tanpa Jendela” Karya Asma Nadia Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2).
Saputri, L. C., & Laeliyah, Y. N. (2020). Nilai pendidikan karakter pada novel perahu kertas karya dewi lestari. KLITIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 1–13.