PENERAPAN FUNGSI EDUKASI MEDIA MASSA PADA PROGRAM TAYANGAN KIDS MENU DI CHANNEL MNC KIDS

Main Article Content

Muhammad Taufan Azahra
Ester Krisnawati

Abstract

Peran media salah satunya untuk mengedukasi para penontonnya, maka dari itu kegiatan belajar bisa dimulai dari mana saja misalnya pada tayangan media. Anak-anak bisa belajar pada tayangan Kids Menu yang menyajikan program kuliner dengan mengajak audience belajar memasak berbagai jenis makanan maupun minuman yang simple serta mudah untuk diikuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan fungsi edukasi massa pada program tayangan Kids Menu di Chanel MNC KIDS sesuai dengan sasaran pada anak TK hingga SD. Pada penulisan ini, menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan analisis data model interaktif yaitu pengumpulan data, pengamatan, studi dokumen dan studi Pustaka. Kesimpulan penelitian ini adalah tayangan Kids Menu berhasil mengajak penonton untuk belajar hal baru dan secara optimal memperluas informasi untuk usia 3 hingga 15 tahun. Selain itu penerapan program telah disusun dengan visual baik sehingga anak-anak bisa fokus dalam tayangan Kids Menu.

Article Details

How to Cite
Azahra, M. T., & Krisnawati, E. (2023). PENERAPAN FUNGSI EDUKASI MEDIA MASSA PADA PROGRAM TAYANGAN KIDS MENU DI CHANNEL MNC KIDS. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10), 2152–2158. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3536
Section
Articles

References

I Made Indra P. & Ika Cahyaningrum. (2019). Buku Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian: Vol. I. Deepublish.

Komisi Penyiaran Indonesia. (2015, April 28). Hasil Survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi. KPI.

Kuswita, H. (2014). Strategi Penyajian Program Pendidikan Di Televisi Edukasi. Jurnal Komunikologi, 11(Penyiaran), 2–9.

Morissan, M. A. (2015). Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio & Televisi (M. Grafika, Ed.; Edisi Revisi, Vol. 5). Kencana.

Rohani, Drs. A. (2014). Media Instruksional Edukatif (Cet.Ke-2, Vol. 1). PT. Rineka Cipta.

Sirajuddin Saleh, S. Pd. , M. Pd. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan, Bandung.

Sugiyono, Prof. D. (2018a). Metode Penelitian Kuantitatif (Cet.1). Alfabeta.

Sugiyono, Prof. D. (2018b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi 1). Alfabeta.

Ulfa, N. S. (2014). Apa Yang Ditonton Anak-Anak Di Televisi? Communication, Studi Analisis Isi Muatan Nilai Negatif Pada Acara Televisi Yang Banyak Di Tonton Anak-A, 4–6. https://www.researchgate.net/publication/286645085_Apa_Yang_Ditonton_Anak-Anak_Di_Televisi_Studi_Analisis_Isi_Muatan_Nilai_Negatif_Pada_Acara_Televisi_Yang_Banyak_Di_Tonton_Anak-Anak

Yuhdyanto. (2015). Strategi Komunikasi Gajayana TV Dalam Membuat Program Acara Yang Mendidik dan Menghibur. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(Strategi Komunikasi), 502–205.