STRATEGI KOMUNIKASI MAJALAH SUNDAY DALAM MENINGKATKAN PEMBACA MAJALAH DIGITAL DI KALANGAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS

Main Article Content

Dionisius Aryandra Primantara
Ester Krisnawati
Amir Machmud

Abstract

Majalah Sunday merupakan majalah digital untuk pelajar SMA yang menyajikan informasi dengan mengangkat kreativitas, topik-topik cerdas dan pengemasan bergaya ringan. Beralihnya Majalah Sunday ke digital tidak menjamin bahwa setiap tema akan dibaca pelajar SMA, hanya tema-tema tertentu yang mendapat atensi lebih dari pembaca SMA. Ditambah penurunan pembaca yang dirasakan pasca renovasi website dan dimulainya pembelajaran tatap muka di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Majalah Sunday dalam meningkatkan pembaca majalah digital di kalangan pelajar Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data primer dilaksanakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik sampling digunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini mengonfirmasi bahwa Majalah Sunday menerapkan strategi komunikasi dengan mengenal khalayak, menulis pesan yang menarik perhatian, menggunakan metode redundancy, canalizing, informatif, edukatif dan persuasif; pemilihan media yang selektif, dan evaluasi internal. Majalah Sunday juga memiliki konsep kolaborasi sebagai strategi komunikasi untuk bekerja sama dengan pihak diluar Majalah Sunday.

Article Details

How to Cite
Primantara, D. A., Krisnawati, E., & Machmud, A. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI MAJALAH SUNDAY DALAM MENINGKATKAN PEMBACA MAJALAH DIGITAL DI KALANGAN PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10), 2159–2172. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3531
Section
Articles

References

Arifin, A. (1984). Strategi Komunikasi : Sebuah Pengantar Ringkas. CV ARMICO Bandung.

Arifin, A. (2013). Komunikasi Politik, Paradigma Teori, Aplikasi, Strategi & Komunikasi Politik Indonesia (Edisi 2). Graha Ilmu.

Assegaff, D. H. (1983). Jurnalistik Masa Kini: Pengantar Ke Praktek Kewartawanan (Cetakan 1). Ghalia Indonesia.

Atwar Bajari. (2015). Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren, dan Etika (Nunik Siti Nurbaya, Ed.; x). Simbiosa Rekatama Media.

Bond, F. F. (1961). An Introduction to Journalism: A Survey of The Fourth Estate in All Its Forms (Second Edi). The Mac Milan Company.

Effendy, O. U. (2000). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi (Cetakan 2). Citra Aditya Bakti.

Effendy, O. U. (2004). Ilmu Komunikasi: Teori Dan Praktek (T. Surjaman, Ed.). PT. Remaja Rosdakarya.

Ekarini, F. (2017). Analisis Desain Website BNI, Bukopin, J.Co Donuts dan McDonalds Menurut Buku “The Principles Of Beautiful Web Design.” Journal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 2(1), 8–9.

Fitriani, D. D. (2020). Strategi Komunikasi Organisasi Majalah Panjebar Semangat Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Digital. Repository.Uksw.Edu, 1, 52.

Hayaty, M., & Meylasari, D. (2018). Implementasi Website Berbasis Search Engine Optimization (SEO) Sebagai Media Promosi. Jurnal Informatika, 5(2), 295–300. https://doi.org/10.31294/ji.v5i2.4027

Lubis, A. N. (2016). Strategi Komunikasi Public Relations Majalah Laiqa Dalam Meningkatkan Oplah Terjual. Fakultas Dakwah Komunikasi Dan Penyiaran, 1, 63–64.

Milenia, A., Suryawati, I., & Joni, I. (2021). Strategi Komunikasi Fbi Bali Radio Dalam Meningkatkan Pendengar Program Hi Bali. Ojs.Unud.Ac.Id.

Moh. Nazir. (2009). Metode Penelitian (Risman Sikumbang, Ed.). Ghalia Indonesia.

Nasution, D. A. (2016). Sejarah Perkembangan Media Cetak, Elektronik dan Digital. Mahasiswa.Ung.Ac.Id, 1(Teknologi Komunikasi (Sejarah Perkembangan Media)).

Yusuf, O. (2012). 2013, Pengguna Internet Indonesia Bisa Tembus 82 Juta. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2012/12/13/10103065/2013.pengguna.internet.indonesia.bisa.tembus.82.

Pers, D. (2016). Media Directory 2016 Serikat Perusahaan Pers Pusat.

Prof. Dr. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen (Setiyawami, Ed.; 6th ed.). Alfabeta.

Suhandang, K. (2004). Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, & Kode Etik. Yayasan Nuansa Cendekia.

Sungkono. (2009). Evaluasi Media Pendidikan. Staff Site Universitas Negeri Yogyakarta, 1. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/sungkono-mpd/evaluasi-media.pdf

Supadiyanto. (2013). Implikasi Teknologi Digital dan Internet (Paperless Newspaper) Pada Industri Media Cetak di Indonesia. Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 687–696.

Thahira. (2018). Media Cetak Di Tengah Perkembangan Media Digital Di Kota Palopo ( Studi Kasus Koran Cetak Seru!Ya). Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri, 1, 110.

Triandini, H. (2013). Pengaruh Layanan Jemput Bola Produk Funding Terhadap DPK dan Jumlah Nasabah: Studi Pada BPRS Artha Karimah Irsyadi. Jurnal Etikonomi Universitas Prof. Muhammadiyah Dr. Hamka, 12(2), 132.

Valentina, A., & Chrissandy, R. (2021). Peningkatan Tata Kelola Majalah Sekolah Smak Ipeka Tomang. Prosiding SENAPENMAS, 823. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15109

Rossa, V., & Nodia, F. (2018). Miris, Minat Baca Masyarakat Indonesia Hanya 0,01 Persen. Suara.Com. https://www.suara.com/lifestyle/2018/02/21/173000/miris-minat-baca-masyarakat-indonesia-hanya-001-persen

Wahab, A. (2020). Analisis Strategi Iklan Di Media Sosial Untuk Meningkatkan Efektivitas Penjualan (Studi Kasus PT WS di Jakarta) Imbang Jaya Mangkuto. Management, and Industry (JEMI), 3(3), 81–90. https://doi.org/10.36782/jemi.v3i3.2102