CERPEN KALUNG PERMATA PUTIH KARYA MINARTI DALAM BIDANG SASTRA DAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS X SMA

Authors

  • Apriani Manurung Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Elza Leyli Lisnora Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial%20Issues%201.1182

Keywords:

Sastra, Karakter, pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan (Latar cerita tentang Cerpen Kalung Permata Putih, Masalah Asmara, Tanggapan Pembaca, Karakter Latar Sosial Tentang Kisah Asmara dalam mencapai kesuksesan, keberhasilan, air mata, tantangan, kebaikan, kasih, kebaikan dan titik pencapaian luar biasa. Tanggapan pembaca dalam menanggapi cerita yang ada. Nilai Karakter: pejuang, pintar, berhasil, tak kenal lelah, sabar, selalu mencapai keberhasilan yang dapat dijadikan pedoman dan bisa dipahami oleh Siswa. Bisa ditinjau dari aspek bahasa, psikologi dan tak kenal lelah dalam mencapai keberhasilan

References

Junus, U.1984.Resepsi Sastra: Sebuah Pengantar.Jakarta. Gramedia.

Kemendiknas. 2010. Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum, Kementerian Pendidikan Nasional

Kurniawan, H.2012. Teori, Metode dan Aplikasi Sosiologi Sastra. Yogyakarta : Graha Ilmu

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Apriani Manurung, & Elza Leyli Lisnora Saragih. (2022). CERPEN KALUNG PERMATA PUTIH KARYA MINARTI DALAM BIDANG SASTRA DAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KELAS X SMA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(Spesial Issues 1), 302–304. https://doi.org/10.32670/ht.v2iSpesial Issues 1.1182