ANALISIS MORAL AGENT PENDIDIK TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Main Article Content

Sisri Melina
Delfi Eliza

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis moral agent dari pendidik atau guru terhadap penilaian kinerja guru pendidikan anak usia dini. Metode deskriptif mendasari penelitian ini dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi kepada 13 responden yaitu guru profesional yang memiliki sertifikat pendidik dan mengajar pada layanan usia 5-6 tahun di 7 satuan PAUD di Kota Solok. Sebagai guru profesional harus memiliki standar kinerja yang mampu menjadikan guru sebagai agen pembelajaran melalui kemampuannya, sekaligus agen moral melalui karakter dan perilakunya yang tercermin dalam kehidupannya sheari-hari maupun sebagai pendidik anak usia dini. Temuan dari penelitian ini adalah agen moral seorang guru profesional berada pada posisi yang jauh dari kualitas kinerjanya sebagai pendidik anak usia dini. Peneliti berharap kedepannya para guru mengembangkan keprofesionalannya sebagai agen pembelajaran bagi anak usia dini dan meningkatkan kepribadiannya sebagai agen moral pendidikan anak usia dini.

Article Details

How to Cite
Melina, S., & Eliza, D. (2023). ANALISIS MORAL AGENT PENDIDIK TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(10), 2214–2223. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3442
Section
Articles

References

Brey, P. (2014). From Moral Agents to Moral Factors: The Structural Ethics Approach. In P. Kroes, & P. P. Verbeek, The Moral Status of Technical Artefacts. Volume 17 (pp. 125-142). London: Springer.

Campbell, E. (2003). The Ethical Teacher. Philadelphia: Open University Press.

Davidson, M. L., Khmelkov, V., & Lickona, T. (2010). The Power of Character: Needed for, and developed from, teaching and learning. In T. Lovat, R. Toomey, & N. Clement, International Research Handbook on Values Education and Student Wellbeing (pp. 427-454). Dordrecht: Springer.

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 5 Issue 2, 1741-1753. DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.970.

PUSDATIN, BALITBANG, & DEPDIKNAS. (2017, Maret 27). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Retrieved from JDIH Kemdikbud: https://jdih.kemdikbud.go.id

Ronnegard, D. (2015). The Fallacy of Corporate Moral Agency. Sweden: Springer. DOI: https://10.1007/978-94-017-9756-6_2.

Sockett, H. (1993). The Moral Base for Teacher Professionalism. New York: Teacher College Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sum, T. A., & Taran, E. G. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287.

Trisliatanto, D. A. (2020). Metodologi Penelitian, Ed. I. Yogyakarya: ANDI.

Utaminingsih, et.al. (2022). PENINGKATAN KINERJA GURU (Tuntutan Profesionalitas Guru PAUD). Pascal Books.