Kepuasan kerja karyawan bagian rekam medis pada RSUD Blambangan

Authors

  • Wardha Nilawati Universitas 17 Agustus 1945 banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.2237

Keywords:

Workload; Employee job satisfaction; Blambangan Hospital; Service quality; Human resources

Abstract

The success of a hospital in carrying out its functions is marked by the excellent service quality of the hospital. To optimize existing human resources, the thing that needs to be considered is the provision of workloads for each employee to match their portion. The purpose of this study was to determine the effect of workload and on job satisfaction of employees of the Medical Record Section at Blambangan Hospital Banyuwang. This study uses a quantitative approach. The number of samples used were 35 respondents who worked at the Blambangan Hospital, especially in the medical record section. Data collection techniques using interviews, questionnaires, and observations. Then, the data obtained were processed by simple regression analysis. The results showed that the effect of workload on employee job satisfaction was 77.1%. This indicates that if employee job satisfaction is considered properly, it will lead to a sense of satisfaction at work

References

Badriyah, M. (2015). Manajemen sumber daya manusia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fadhilah, G. A., Komariah, A., & Herawan, E. (2018). Kepemimpinan autentik dan kualitas kehidupan kerja dalam disiplin kerja pegawai. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(2), 169–179.

Handoko, T. H. (2016). Manajemen personalia dan sumberdaya manusia. Bpfe.

Hasibuan, M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Irawati, R., & Carollina, D. A. (2017). Analisis pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan operator pada PT Giken Precision Indonesia. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 51–58.

Koesomowidjojo, S. (2017). Panduan praktis menyusun analisis beban kerja. Jakarta: Raih Asa Sukses.

Mahendrawan, I. G., & Indrawati, A. D. (2015). Pengaruh beban kerja dan kompensasi terhadap kepuasan kerja PT. Panca Dewata Denpasar. Udayana University.

Marliani, S. (2016). Motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan (Studi pada karyawan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Karawang). Jurnal Buana Akuntansi, 1(1).

Nugraha, F., & Suherna, S. (2019). Pengaruh beban kerja dan komunikasi terhadap kepuasan kerja melalui mediasi stres kerja dan hubungan rekan kerja (Studi pada karyawan Bank BJB KCU Rangkasbitung). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa, 3(1), 37–52.

Pajow, D. A. (2016). Hubungan antara beban kerja dengan kelelahan kerja pada tenaga kerja di PT. Timur Laut Jaya Manado. PHARMACON, 5(2).

Putra, M. T. P., & Prihatsanti, U. (2017). Hubungan antara beban kerja dengan intensi turnover pada karyawan di PT.“X.” Jurnal Empati, 5(2), 303–307.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahab, W. (2021). Pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. SUCOFINDO Cabang Pekanbaru. MAPAN: Jurnal Manajemen, Akutansi, Ekonomi, Perbankan, 1(2), 127–139.

Winata, E. (2019). Pengaruh kepuasan kerja dan kompensasi terhadap kinerja karyawan pada Hotel Inna Dharma Deli Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1).

YSA, G. K., & Haryani, S. (2020). Pengaruh beban kerja, stres kerja, dan motivasi terhadap kinerja karyawan RS Ludira Husada Tama Yogyakarta. Telaah Bisnis, 19(1).

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Nilawati, W. . (2022). Kepuasan kerja karyawan bagian rekam medis pada RSUD Blambangan. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 62–65. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i1.2237