Determinan kepuasan pengguna aplikasi SAIBA pada satker mitra kerja KPPN Pekanbaru dengan kualitas SDM sebagai variabel intervening
Main Article Content
Abstract
This study is for the impact of the effects of system quality, information quality, quality,
quality, quality, quality, service quality, and human resource quality on Saiba application
user satisfaction and the impact of quality, information and service quality. It is. Saiba
Application Satisfaction Quality HR Quality This research was conducted for Pekanbaru
KPPN partners, including 66 respondents from 66 tourist objects. Similar to collecting
data with questionnaires, the sensuous technique is sampled. The survey results from the
data analysis technology survey were completed using multiple regression analysis and
multiple regression analysis (MRA) through the SPSS application: (1) system quality,
information quality, quality, quality of natural resources, Saiba user satisfaction has a
severe impact. (2) HR quality can strengthen the system quality relationship across the
Saiba application satisfaction. (3) The quality of human resources can strengthen the
relationship between the quality and the quality of human resources with the satisfaction
of users of the Saiba application. (4) The quality of human resources can strengthen the
relationship with users' satisfaction with the Saiba application through the quality of the
Human Resources of the Pekanbaru-KPPN Satker.
Article Details
References
Anggraeni, E. Y. (2017). Pengantar sistem informasi. Penerbit Andi.
Cahyono, W. H., & Aisyah, R. H. S. (2020). Kewenangan pejabat kantor pelayanan perbendaharaan
negara dalam pengelolaan keuangan negara di Daerah. Jurist-Diction, 3(2), 745–764.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems
success: a ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30.
Ghasemi, M., Shafeiepour, V., Aslani, M., & Barvayeh, E. (2011). The impact of Information
Technology (IT) on modern accounting systems. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 28,
–116.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan Ke
VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96.
Hadi, M., Zulaikha, Z., & Pujiharto, P. (2019). Pengaruh implementasi Sistem Akuntansi Instansi Basis
Akrual (SAIBA) terhadap kepuasan dan kinerja pengguna. Substansi: Sumber Artikel Akuntansi
Auditing Dan Keuangan Vokasi, 3(1), 81–103.
Jogiyanto, H. M. (2007). Model kesuksesan sistem teknologi informasi. Penerbit Andi.
Nursudi, A., & Sudarno, S. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna
aplikasi pelaporan keuangan pemerintah. Diponegoro Journal of Accounting, 101–112.
Pulungan, A. A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna aplikasi sistem
akuntansi instansi berbasis akrual pada satker di wilayah pembayaran KPPN Kota Tebing Tinggi
dengan kualitas SDM sebagai variabel moderating. Universitas Sumatera Utara, Medan.
Puturuhu, Y. P. I., & Handajani, L. (2016). Analisis determinan implementasi sistem akuntansi instansi
berbasis akrualdan implikasinya terhadap efektifitas kerjasatuan kerja komisi pemilihan umum.
InFestasi, 12(2), 173–184.
Santoso, S. (2003). Mengatasi berbagai masalah statistik dengan SPSS versi 11.5. Jakarta: PT Elex
Media Komputindo.
Setiyoni, A. T. (2021). Penyusunan laporan keuangan dalam rangka pertanggungjawaban keuangan
negara di satuan kerja kantor pertahanan Kota Semarang. Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.
Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan EGoverment.
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara.
Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.
Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab
Keuangan Negara.
Warisno. (2008). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di
lingkungan pemerintah Provinsi Jambi. Universitas Sumatera Utara.