Representasi Tokoh dan Komunikasi Interpersonal dalam Film The Mario Bros Movie (2023)

Main Article Content

Ary Santoso
Khanivah Khanivah
Efthariena Efthariena
Lestari Lestari

Abstract

Komunikasi yakni bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain secara sengaja dan tidak sengaja. Dalam Film juga terjadi komunikasi termasuk di dalamnya terjadi komunikasi nonverbal yang tersirat dan dapat diterima sebagai pesan dalam komunikasi. Film The Super Mario Bros (2023) Menarik karena film ini meraih pasar untuk semua umur sehingga bisa dinikmati tua dan muda termasuk anak-anak. sehingga sangat menarik untuk kita fahami makna dibalik tanda, atau simbolnya. Tujuan penelitian untuk menganalisis dan memahami bagaimana tokoh-tokoh dalam film tersebut direpresentasikan dan bagaimana komunikasi interpersonal antara karakter-karakter tersebut dipresentasikan. Metode penelitian Kualitatif dengan Teori Semiotika Charles Sanders Peirce memberikan pemahaman mengenai makna tanda-tanda semiotika dengan segitiga Peirce yaitu tanda, objek dan interpretasi sebagai hasil pemaknaan dari tanda dan objek. Hasil Penelitian mendapati Representasi tokoh Mario dan Luigi merepresentasikan sebagai dua bersaudara berprofesi Plumber yang berbeda karakter dari sign, objek dan interpretan yang dianalisis tetapi memiliki komunikasi interpersonal yang terjalin dengan baik dalam membangun hubungan interpersonal.

Article Details

How to Cite
Santoso, A., Khanivah, K., Efthariena, E., & Lestari, L. (2023). Representasi Tokoh dan Komunikasi Interpersonal dalam Film The Mario Bros Movie (2023). Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(11), 2324–2331. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3624
Section
Articles

References

Ardiyanto, A., Ramdan, M. P., & Nugraha, R. E. (2022, October). Analisis Semiotika Poster Film Pretty Boys Versi Pertama. In SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra (Vol. 1).

DeVito, Joseph. (2018). Komunikasi Antar Manusia Edisi Kelima. Karisma Publishing Group

Firna. (2019). Analisis Semiotika Film Horor IT Chapter Two 2019. Academia.edu https://www.academia.edu/43178092/Analisis_Semiotika_Poster_Film_Horor_IT_ChapterTwo_2019

Hanani, Silfia. (2017). Komunikasi Antar Pribadi Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media

https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinastra/article/view/6167

Jatnika, Ajat. (2019). Komunikasi Kelompok. Alfabeta

Little John, Stephen W. (2014). Teori Komunikasi : Theories of Human Communication. Salemba Humanika.

Nugraha, A. A., Johari, A., & Pratama, G. (2022). Analisis Poster Film Turning Red dalam Teori Semiotika Roland Barthes. FINDER: Journal of Visual Communication Design, 2(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/FINDER/article/view/46234

Rahmat, Jalaludin. (2017). Metode Penelitian Komunikasi Edisi Revisi. Simbiosa Rekatama Media

Sobur, Alex. (2021). Semiotika Komunikasi Cetakan kelima. Remaja Rosda Karya.

West, Richard. (2013). Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Salemba Humanika.

Most read articles by the same author(s)