ANALISA KEPRIBADIAN THE DARK TRIAD PADA VIDEO KEKERASAN MARIO DANDY (DALAM RANAH PSIKOLOGI KOMUNIKASI)

Main Article Content

Erlangga Shieldo Elia
Beby Samantha
Chika Camelia Ghani
Febriani Darmawanti
Nanda Elok Silviani

Abstract

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki sisi gelapnya masing-masing tidak peduli  usia dan latar belakangnya. Sisi gelap manusia tersebut kemudian dikategorikan kembali di dalam teori Dark Triad Personality dengan tujuan untuk menjelaskan masing-masing ciri-cirinya dan kecenderungan dari masing-masing kepribadian tersebut. Kasus kekerasan yang dilakukan terhadap David Ozora yang lalu memiliki kaitan yang erat dengan kepribadian tiga serangkai gelap. Terlihat sang pelaku, Mario Dandy hanya menyiksa korban namun juga menyebarkan video kekerasan tersebut kepada khalayak banyak. Karena adanya penyebaran video tersebut yang kemudian akan menimbulkan reaksi masyarakat karena adanya atraksi dari kasus tersebut yang bersifat aktual. Penelitian yang dilakukan bersifat kualitatif dengan pengambilan data observasi non-partisipatoris dan studi literatur. Data yang didapatkan kemudian akan dijelaskan dengan menggunakan teori kepribadian tiga serangkai gelap untuk mengetahui tipe kepribadian dan kecenderungannya, dan teori aktraksi interpersonal akan digunakna untuk menjelaskan kaitannya antara pesan yang disampaikan bersamaan dengan reaksi masyarakat yang diberikan.

Article Details

How to Cite
Elia, E. S., Samantha, B. ., Ghani, C. C. ., Darmawanti, F. ., & Silviani, N. E. . (2023). ANALISA KEPRIBADIAN THE DARK TRIAD PADA VIDEO KEKERASAN MARIO DANDY (DALAM RANAH PSIKOLOGI KOMUNIKASI). Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(12), 2485–2493. https://doi.org/10.32670/ht.v2i12.3827
Section
Articles

References

Taylor J. Fosen, Frederick L. Coolidge, Daniel L. Segal, Julie Muehlekamp. (2015) Exploring the Dark Side: Relationship between the Dark Triad Traits and Cluster B Personality Disorder Features. 2017.

Daniel Nelson Jones, Delroy Paulhus. (2014). Introducing the Short Dark Triad (SD3): A Brief Measures of Dark Personality Traits.

Mujib, Abdul. (2017). Teori Kepribadian: Perspektif Psikologi Islam Edisi kedua. Rajawali Pers. Jakarta.

Alwisol. (2016). Psikologi Kepribadian.Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Alan K. GoodBoy, Matthew Martin. (2015). The Personality Profile of a Cyberbully: Examining the Dark Triad.

Ernest H., O’Boyle et al. (2012). A meta-Analytic Review of the Dark Triad-Intelligence Connection.

Furnham, Adrian. Richards, Steven C.. Phaulus, Delroy L.. (2013). The Dark Triad of Personality: A 10 Year Review.

Ang, Yuen-Siang. (2017). Differential Impact of Behavioral, Social, and Emotional Apathy on Parkinson’s Disease.

Kircaburun, Kagan. Jonason, Peter K. Griffiths, D Mark. (2018). The Dark Tetrad Traits and Problematic Social Media Use: The Mediating Role of Cyberbullying and Cyberstalking.

Lyons, M. (2019). The Dark Triad of personality: Narcissism, Machiavellianism, and Psychopathy in Everyday Life.

Kircaburun, K., Demetrovics, Z., Tosuntas, S. B. (2019). Analyzing the Links between Problematics Social Media Use, Dark Triad Traits, and Self-esteem.

Nikoleizig, L., Nestler, S., Krause, S., Moore, D. & Biesanz, J. (2019). Prediction of Group Performance: The Interplay of Individual Performance, Interpersonal Attraction, and Interpersonal Behavior.

Islam, M. Hasibul, Saha, Asoke Kumar. Naz, Hamida. Shila, Shirin. Shithee, Umme Habiba. (2019). Effect of Gender, Economic Status, Religion, Partner’s Economic Status on Interpersonal Attraction among the University Students.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.