PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH, KUALITAS WEBSITE, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA

Main Article Content

Muhani
Hanum San Sabillah

Abstract

This study aims to analyze the effect of Celebrity Endorser, Brand Image, Word of Mouth, Website Quality, and Price Perception on Purchase Decisions on E-commerce Tokopedia. The population in this study were all people of DKI Jakarta Province who shopped at Tokopedia. The results showed that Celebrity Endorser, Brand Image, Word of Mouth, Website Quality, and Price Perception had a positive and significant effect on Purchase Decisions on E-commerce Tokopedia.

Article Details

How to Cite
Muhani, & Hanum San Sabillah. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER, BRAND IMAGE, WORD OF MOUTH, KUALITAS WEBSITE, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1114–1127. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial Issue 3.1163
Section
Articles

References

Adiputra, yustinus riyan, and Imroatul Khasanah. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Asuransi Jiwa (Studi Pada AJB Bumiputera 1912 Cabang Cibinong).” Diponegoro Journal Of Management 5(2): 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr.

Alghifari, Aruf Yusuf, and Tri Septin Muji Rahayu. 2021. “PENGARUH DISKON, KUALITAS WEBSITE, PERSEPSI RISIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOP SHOPEE: STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO Aruf.” Derivatif Jurnal Manajemen 15(2).

Amin, Amirudin M., and Yuli Natalia. 2017. “Analysis of the Influence of Celebrity Endorser, Brand Image, and Trust on the Purchasing Decision of Garnier Products for Students At Stie Pelita Indonesia.” Stem Cells 25(7): 1603–9.

Astuti, Rini, and Muhammad Hasbi. 2020. “Pengaruh Gaya Hidup Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pada Situasi Covid 19 Di Kota Medan.” Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis: 127–35. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/scenario/article/view/1170.

Dzulkharnain, Emylia. 2019. “Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Administrasi Bisnis 1(2): 102.

Fauzana, Shafira. 2020. “Pengaruh Brand Ambassador , Brand Image , Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Sunsilk.” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 4(1): 1–14.

Febriyanti, Rizky Suci, and Wahyuati Anik. 2016. “Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen2 5(5): 1–18.

Kaharu, Debora, and Anindhyta Budiarti. 2016. “Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, ISSN : 2461-0593 5(3): 1–24.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2012. Prinsip Prinsip Pemasaran. 13th ed. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Gerry Armstrong. 2014. “Principle Of Marketing.” In New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. 12th ed. Yogyakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. ed. 15. Pearson Education, Inc.

Kuhu, Triva Tantri, Altje L. Tumbel, and Rudy S. Wenas3. 2019. “Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Di Sang Pisang Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7(3): 2801–10.

Lelani, Anis, Henny Welsa, and Putri Cahyani. 2019. “Pengaruh Orientasi Belanja Dan Kualitas Web Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Word of Mouth Communications Sebagai Variabel Intervening Pada Online Shopping Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta).” Jurnal Ekobis Dewantara 2(2): 6–15.

M. Anang Firmansyah. 2018. Perilaku Konsumen. 1st ed. Yogyakarta: CV Budi Utama. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=XDKaDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Perilaku+konsumen&ots=jt0P9Ntl7N&sig=WCv4KqRSypu7Yu6RVvU_jvRGN5g&redir_esc=y#v=onepage&q=Perilaku konsumen&f=false.

Milano, Alyssa, Agus Sutardjo, and Rizka Hadya. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Pengembalian Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia.” Jurnal Martua VOL. 3 NO.(1): 17. https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/266.

Nggilu, Monica, Altje L. Tumbel, and Woran Djemly. 2019. “Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7(3): 2691–2700.

Nuprilianti, Nanda Purnama, and Khuzaini. 2016. “Pengaruh Personal Selling, Brand Image , Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mobil.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(1): 1–18.

Padmantyo, Sri, and Lilis Tri Handayani. 2017. “Pengaruh Atribut Produk, Gaya Hidup, Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Di Kota Surakarta.” Universitas Muhammadiyah Surakarta (2015): 185–90. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/urecol/article/view/1373.

Pardede, Ratlan, and Tarcicius Yudi Haryadi. 2017. “Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen.” Journal of Business & Applied Management 10(1).

Permana, Ibnu Agung, Asep M. Ramdan, and Faizal Mulia Z. 2019. “Kekuatan Keunikan Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.” Journal of Management and Bussines (JOMB) 1(1): 181–91.

Prasastiningtyas, Tabhita Ratna, and Djawoto. 2016. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 5(juli): 1–15.

Roshan, Putu Agung Aprilia, and Ida Bagus Sudiksa. 2019. “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention.” PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION Putu 8(8): 5164.

Samad, Abdul, and Imam Wibowo. 2016. “Pengaruh Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Specs Di Kota Bekasi.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 4(3): 1–9.

Saputra, Gede Wisnu, and I Gusti Agung Ketut Sri Ardani. 2020. “Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana 9(7): 2596.

Septiyani, Rizka, Sri Rakhmawati, and Budiasih. 2019. “PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH.” SEMINAR NASIONAL Indonesian R Summit ISBN: 195–209.

Sernovitz, A. 2012. Word of Mouth Marketing:How Smart Companies Get People Talking. Austin: Greenleaf Book Group Press.

Siswandi, Rizky Annisa, and Djawoto. 2019. “Pengaruh Celebrity Endorser, Korean Wave, Brand Image, Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurmal Ilmu Dan Riset Manajemen 8: 5.

Solihin, Sepriadi, and Saefudin Zuhdi. 2021. “Pengaruh Kualitas Website Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Online Shop Eigerindostore.Com.” Jurnal Informatika Kesatuan 1(1): 13–22.

Sukma, Kadek Ayu Dwi Sudias Kumala, I Ketut Nurcahya, and Alit Suryani. 2016. “Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Men’s Biore.” E-Jurnal Manajemen Unud 5(7): 248538.

Widyaputra, Kurniawan Hasbi, and Djawoto. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador, Kreativitas Iklan, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 7(7): 1–18.