PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG SMARTPHONE OPPO

Authors

  • Desti Ramdhani Universitas Stikubank
  • Suzy Widyasari Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Stikubank

DOI:

https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial%20Issue%203.1004

Keywords:

Perception price, product quality, brand image, customer satisfaction, and Interests Buy

Abstract

The purpose of this research is to test and analyze the effect of product quality, price perception and brand image on consumer satisfaction and consumer satisfaction on the interest in repurchasing OPPO Smartphones in Pati. The object of this research is OPPO Smartphone users. This study used a data collection tool in the form of a questionnaire. Samples were taken as many as 100 respondents, namely consumers who have purchased OPPO Smartphone products. Determination of the sample by purposive sampling technique. All questions were measured on a Likert scale. The research data analysis method used multiple linear regression. The data is processed using the SPSS program. Based on the results of this study, it can be concluded that product quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction, price perception has no effect on consumer satisfaction, brand image has a positive and significant effect on consumer satisfaction and consumer satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention..

References

Adiztya, Wibisaputra. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Gas Elpiji 3 KG Di PT. Candi Agung Pratama Semarang. Jurnal. Semarang: Universitas Diponegoro. http://eprints. undip.ac.id/26939/1/01._SKRIPSI(r).pdf diakses pada tanggal 26 November 2017.

Andrew, Gunawan T. (2015). Pengaruh aktivitas promosi terhadap minat pembelian ulang dengan loyalitas merk sebagai variabel moderasi pada smartphone Samsung di Surabaya. http://jurnal.wima.ac.id/index. php/KAMMA/article/view/753. Diakses 25 Maret 2021.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Desi, E dan Sri R.T. (2011). Analisis Pengaruh Iklan, Kepercayaan Merek,dan Citra Merek terhadap Minat Beli Konsumen. Semarang. Fakultas Ekonomika dan BisnisUniversitas Diponegoro.Ferdinand, Augusty. 2002. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Dinisari, Mia Chitra (2021). Samsung Puncaki Pengiriman Smartphone Februari 2021. https://teknologi.bisnis.com/read/20210330/280/1374651/samsung-puncaki-pengiriman-smartphone-februari-2021. Diakses 20 Juli 2021.

Dini, Fitria (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Minat Beli Ulang Pada Produk Smartphone Apple Tipe Terbaru Di Kota Pontianak. Universitas Tanjungpura. Jurnal Vol 5, No 1.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hudzaifah. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek terhadap Minat Beli Ulang yang Dimediasi oleh Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Samsung Smartphone di Universitas Diponegoro). Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Amstrong., G (2012). Prinsip – Prinsip Pemasaran Jilid 1 Edisi kedua belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L., (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Mahemba, Umbu SAK dan Caecilian Wahyu Estining Rahayu. (2019). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Studi pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Xiaomi di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. http: www.prosiding.respati.ac.id/index.php/PSN/article/ view/234. Diakses 25 Maret 2021.

Musay, Fransisca P. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kfc Kawi Malang). http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/141. Diakses 25 Maret 2021.

Mustikowati, Rita I. (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Konsekuensinya Pada Loyalitas (Studi Pada Obyek Wisata Di Kabupaten Malang). Jurnal Ekonomi Modernisasi, 7(2), 93-114. Retrieved from http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO /article/view/50.

Nasir, Muhammad. (2013). Metode Penelitian.Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nursalam. (2016). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan; Pedoman Skripsi, Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Surabaya. Salemba Medika.

Pardede, Ratlan & Haryadi T. (2015). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Yangdimediasi Kepuasan Konsumen. Universitas Bunda Mulia, Magister Manajemen.

Peter, J Paul dan Olson, J.C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.Jakarta. Salemba Empat.

Pramono, AG.Suyono, Sri Sukmawati. 2012. Pertimbangan Dalam Membeli Produk Barang Maupun Jasa. Jakarta. Intidayu Press.

Sari, Rini K. (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian ulang Dan Kepuasan Pelanggan online shopping pada Mahasiswa Universitas abdurachman Saleh Situbondo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sekaran, Uma. (2011). Research Methods For Business (Metode Penelitian Untuk. Bisnis). Jakarta: Salemba Empat.

Soelistio, Yuwan (2016). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Pembelian Ulang Jasa Paket Pos Indonesia (Studi Pelanggan Pos Indonesia di Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

Stanton, William J. (2013). Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke tujuh, Jakarta: Erlangga jilid ke-1.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Tjiptono, F. (2016). Strategi Bisnis Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Downloads

Published

2022-01-28

How to Cite

Ramdhani, D., & Suzy Widyasari. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG SMARTPHONE OPPO. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1651–1667. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4iSpesial Issue 3.1004