SUJUD PERSPEKTIF HADIS DAN IMPLIKASINYA DENGAN KESEHATAN

Main Article Content

Reza Pahlevi Dalimunthe
Istiva Ahyani

Abstract

Sujud memiliki keajaiban dan keistimewaan, karena sujud merupakan gerakan penting gerakan yang menjadikan sah nya dalam mengerjakan salat. Keajaiban dan keistimewaannya itu berupa kesehatan dan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dari gerakan sujud tersebut terdapat bebagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya yaitu untuk mencerdaskan otak. otak manusia bisa dimasuki oksigen hanya sekitar 20%, sedangkan 80% nya hanya bisa dimasuki oksigen pada saat orang tersebut sujud. Maka menurut dia agar kebutuhan ini tercukupi maka diperlukan sujud secara rutin. Dengan terpenuhinya kebutuhan oksigen ke otak manusia ini maka akan menjadikan daya berfikir dan kecerdasan seseorang akan semakin terpacu.Terdapat hadis yang driwayatkan oleh Bukhari dan Muslim mengenai sujud dan bagaimana implikasinya dengan kesehatan. Penelitian ini bersifat kualitatif (penelitian perpustakaan). Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui apa manfaat sujud dalam hadis Nabi SAW.

Article Details

How to Cite
Dalimunthe , R. P. ., & Ahyani , I. . (2022). SUJUD PERSPEKTIF HADIS DAN IMPLIKASINYA DENGAN KESEHATAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(12), 1864–1871. https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2519
Section
Articles

References

Ahmad Salim Baduwailan & Hishshah Binti Rasyid. (2010). Berobatlah dengan Shalat & al Quran. Solo: Aqwam.

Ali Aziz, Moh. (2016, 10 Februari). Pineal Therapy: Penyembuhan dengan Sujud Panjang, dikutip 02 April 2019 diakses dari https://www.terapishalatbahagia.net.

Aplikasi pro, Ensiklopedi hadis kitab 9 imam

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Bandung: Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Enjang, As. (2010). Dahsyatnya shalat kunci sukses dunia akhirat. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Fauzi Abbas, Khalid. (2013). Ajaibnya Gerakan Shalat Bagi Perkembangan Janin. Jogjakarta: DIVA Press.

Haryanto, Sentot. (2007). Psikologi Shalat. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Http://Pusatalquran .org/2016/10/31/keistimewaan-sujud/, 30 Juni 2019.

Khulli, Al Hilmi. (2013). Ajaibnya Gerakan Shalat Bagi Kesehatan Fisik dan Jiwa. Jogjakarta: SABIL.

Maktabah Syamilah.

Noer, Jefri. (2006). Pembinaan Sumber Daya Manusia Berkualitas & Bermoral Melalui Shalat yang Benar. Jakarta: Prenada Media.

Oktavia, Mela. (2016). Metode Pemahaman hadits Maudhu’i. dikutip 14 November 2020 diakses dari http://melaselta.blogspot.com.

Perpustakaan Nasional RI/Katalog Dalam Terbitan (KDT). (2013). Ensiklopedi Pengetahuan Al-Qur’ān dan Hadits. Jakarta: Kamil Pustaka.

Prabowo, Wakit. (2012). Sujud Anti Stroke. Yogyakarta: Mutiara Media.

Suparman, Deden. (2015). Pembelajaran Ibadah Shalat Dalam Perspektif Psikis dan Medis. Journal uinsgd, Volume 09 No. 02.