PENGAWASAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Main Article Content

Muhammad Miftahur Rahmat Isnaini

Abstract

Penelitian ini membahas konsep dasar pengawasan dan evaluasi dalam Islam, dengan fokus pada perspektif Al-Qur'an. Dalam Islam, pengawasan dikenal sebagai "Al-Riqab" dan evaluasi sebagai "Al-Taqyim" atau "Al-Tafsir," yang mengacu pada pengawasan, penilaian, dan analisis terhadap tindakan dan kualitas. Perspektif Al-Qur'an mengajarkan nilai-nilai evaluasi dan pengawasan internal melalui muhasabah serta eksternal melalui pengawasan Allah dan para Malaikat-Nya. Studi ini juga membahas relevansi konsep pengawasan dan evaluasi dalam manajemen organisasi, dengan merinci pendapat para ahli seperti Earl P. Strong, Harold Koontz, G.R. Terry, dan Robert J. Mockler. Pengawasan dianggap sebagai langkah penting dalam meningkatkan efisiensi organisasi dan memastikan pencapaian tujuan. Selanjutnya, penelitian ini mendalam pada pengertian Al-Häsib (Allah yang Maha Menghitung dan Maha Mencukupi) dan peran para Malaikat sebagai pengawas. QS. al-Infitar [82]: 9-12 menekankan bahwa setiap ucapan manusia direkam oleh pengawas yang mengetahui segala tindakan mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengawasan dan evaluasi dalam Islam memiliki akar dalam ajaran Al-Qur'an dan memiliki implikasi signifikan dalam fungsi manajemen. Dengan memadukan prinsip-prinsip manajemen modern dengan nilai-nilai Islam, dapat diharapkan organisasi dapat mencapai tujuan mereka dengan lebih efektif dan bermoral.

Article Details

How to Cite
Rahmat Isnaini, M. M. (2023). PENGAWASAN PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(12), 2577–2587. https://doi.org/10.32670/ht.v2i12.4004
Section
Articles

References

Al-Asyqar, Abdullah, & Sulaiman, Umar. (2004). Al-Asma Al-Husna; terj. In Syamsudin TU dan Hasan Suaidi. Qisthi Press.

Bateman, Thomas S., & Snell, Scott A. (2012). Leadership Management and Cooperation in a Competitive World (Terjemahan). Salemba Empat.

Business, School of. (2019). Marketing Manugement. Retrieved from Bangladesh Open University website: http://www.ebookbouedubu/Boots/Text/SOB/MBA/mba3313/Unit12.pdf

Certo, Samuel C., & Certo, S. Trevis. (2019). Modern management: Concepts and skills. Pearson.

Dimov, Oleg, & Iliev, Plamen. (2010). Controlling–a modern system of management and control. Economics and Organization, 7(2), 253–262.

Lidwah Pustaka, I. (n.d.). software, Kitab 9 Imam Hadist. Kitab Bukhori.

Machali, Imam, & Hidayat, Ara. (2016). The Handbook of Education Management Teori dan praktik pengelolaan sekolah/madrasah di Indonesia (Vol. 1). Prenadamedia Group.

Murtado, Dodo. (2019). Manajemen Perspektif Al-Qur’an dan Hadits. Yrama Media.

Noor, Juliansyah. (2013). Penelitian ilmu manajemen: tinjauan filosofis dan praktis. Kencana.

Shihab, M. Quraish. (2002). Tafsir al-misbah (Vol. 2, pp. 52–54). Vol. 2, pp. 52–54. Lentera Hati.

Shihab, M. Quraish. (2012). Tafsir Al-Misbah jilid 13 Cet. V.

Shihab, Quraish. (2017). Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an Volume 10. Lentera Hati.

Siagian, Sondang P. (2014). Filsafat Administrasi (cetakan ke). Bumi Aksara.

Sukiswa, Iwa. (2004). Dasar-Dasar Umum Menejemen Pendidikan. In Cet. II. Tarsito 1986.

Ujang Saefullah, Ujang. (2012). Manajemen pendidikan islam. Pustaka Setia.