ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN PASIEN BPJS DENGAN PASIEN MANDIRI DI KOTA MEDAN

Main Article Content

Dwi Irma Wulandari
Puspa Ofri Anti Purwadi
Rangga Mahardika
Fitriani Pramita Gurning

Abstract

Layanan kesehatan yang berkualitas ialah suatu layanan yang dibutuhkan kemudian ditentukan oleh profesi layanan kesehatan, dan sekaligus diinginkan oleh pasien maupun masyarakat. Kepuasan pasien ialah indikator pertama dari standar pelayanan kesehatan yang merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Penelitian ini merupakan jenis library research / penelitian normatif, yaitu suatu penelitian yang mana peneliti mengambil datanya dari data-data sekunder dengan melihat referensi terdahulu dari berbagai sumber seperti jurnal dan artikel resmi lainnya. Analisis data menggunakan metode deduktif yaitu dengan melakukan penafsiran dan analisis terhadap sumber-sumber data yang diperoleh yang berkaitan dengan topik penelitian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan mutu pelayanan kesehatan antara pasien BPJS Kesehatan dengan pasien Non BPJS (Mandiri) di Kota Medan. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara tingkat kepuasan pasien BPJS dan pasien umum mengenai kualitas pelayanan kesehatan.

Article Details

How to Cite
Wulandari, D. I. ., Purwadi, P. O. A. ., Mahardika, R., & Gurning, F. P. . (2022). ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN PASIEN BPJS DENGAN PASIEN MANDIRI DI KOTA MEDAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1227–1234. https://doi.org/10.32670/ht.v1i9.2032
Section
Articles

References

Simalango, A. (2019). Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat inap di rumah sakit Santa Elisabeth Medan

Christian, M. I. A. E. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Masyarakat Pengguna BPJS Kesehatan (Studi di Rumah Sakit Handless Venereging Amsterdam Kecamatan Pare–Kabupaten Kediri) (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Dwi Putri Chinintyas, Putranto Manalu. (2020). Kepuasan pasien BPJS kesehatan pada pelayanan kesehatan di klinik Haji Medan Mabar.

Ester Mei Frida, Hentri Putri. (2020). Hubungan pelayanan keperawatan dengan kepuasan BPJS rawat inap di rumah sakit umum Herna Medan.

Firman Yanus Halawa, Thomson Perluhutan Nadapdap, Mangatas Silaen. (2020). Analisis tingkat kepuasan pasien rawat inap pengguna jaminan kesehatan nasional di rumah sakit Bhayangkara tingkat II Medan.

Haryani, A. E. (2019). Hubungan Kepesertaan, Kualitas Pelayanan dan Iuran dengan Kepuasan Peserta BPJS Mandiri di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Odi Supandri, Otniel Ketaren, Lia Rosa Veronika. (2019). Perbedaan kualitas pelayanan pada pasien BPJS dan pasien rawat inap di rumah sakit Muhammadiyah Medan.

Pertiwi, A. A. N. Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Kota Surakarta.

Sekarwidya, P. (2018). Analisis Perbedaan Persepsi Terhadap Mutu Pelayanan Antara Pasien Bpjs Dan Non Bpjs Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Aisyah Madiun (Doctoral Dissertation, Stikes Bhakti Husada Mulia).

Setiawan, A. C. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Peserta Bpjs Di Rsud Kabupaten Magelang Tahun 2018 (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Vianti, N. R. (2016). Analisis Kepuasan Pasien BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) terhadap pelayanan kesehatan di Instalasi Rawat Inap (IRI) Bangsal Dahlia RSUD Ungaran. Universitas Negeri Semarang.

Most read articles by the same author(s)