PENGARUH TPAK, KESEHATAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI JAMBI

Main Article Content

Trie Hierdawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertumbuhan ekonomi, tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK), derajat kesehatan dan tingkat pendidikan di Provinsi Jambi, mengetahui dan menganalisis pengaruh tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK), derajat kesehatan dan tingkat pendidikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi. Alat analisis penelitian menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil uji simultan bahwa variabel tingkat partisipasi angkatan kerja, derajat kesehatan dan tingkat pendidikan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi. Sedangkan secara pasrial hanya variabel tingkat pendidikan yang berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi, sementara variabel TPAK dan derajat kesehatan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi. Berdasarkan uji determinasi bahwa nilai R2 sebesar 56,1 persen variasi pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi dijelaskan oleh variabel bebas dalam model.

Article Details

How to Cite
Hierdawati, T. . (2022). PENGARUH TPAK, KESEHATAN DAN PENDIDIKAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI PROVINSI JAMBI. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(8), 958–966. https://doi.org/10.32670/ht.v1i8.1810
Section
Articles

References

Ariefianto, M. D. (2012). Ekonometrika esensi dan aplikasi dengan menggunakan EViews. Jakarta: Erlangga.

Arndt, G. P. (1991). Ilmu Ekonomi untuk Konteks Indonesia. LP3ES.

Dumairy. (1997). Perekonomian Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Fikri, R. O. (2017). Pengaruh Pendidikan, Kesehatan dan Gender Terhadap Tingkat Kemiskinan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Media Ekonomi, 43-56.

Handayani, P. N. (2016). Pengaruh Jumlah Penduduk, Angka Harapan Hidup, Rata-Rata Lama Sekolah dan PDRB Per Kapita terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Mirza, D. S. (2012). Pengaruh kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan belanja modal terhadap indeks pembangunan manusia di Jawa Tengah tahun 2006-2009. Economics Development Analysis Journal.

Simanjuntak, P. (2005). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. LPFEUI.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suparno, H. (2014). Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan, Kesehatan dan Infrastuktur Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Peningkatan Pembangunan Manusia di Provinsi Kalimantan Timur. Journal of Innovation in Business and Economics, 1-22.

Syam, F. H. (2014). Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia terhadap Pertumbuhan Ekonomi Sulawesi Selatan.

Syamsuddin, N. S. (2021). Pengaruh Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Dan Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Aceh. Jurnal Sociohumaniora Kodepena, 29-49.

Todaro, M. P. (2004). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Erlangga.

Todaro, M. P. (2008). Pembangunan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Todaro, M. P. (2011). Economic Development. Addison Wesley.

Yuniarti, P. W. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Serambi: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis Islam, 169-176.