PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND PRODUK TERHADAP KONSUMSI MASYARAKAT MUSLIM KOTA MEDAN

Main Article Content

Dede Agus Alwi
Nurbaiti Nurbaiti
Reni Ria Armayani

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh digital marketing dan brand produk terhadap konsumsi masyarakat muslim kota medan. Populasi masyarakat muslim pengguna aplikasi Tokopedia tidak diketahui (Uknown Population) maka jumlah sampel yang dipergunakan sebanyak 100 orang dengan metode pengambilan sampel uknown population. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh pengaruh yang signifikan digital marketing terhadap konsmsi masyarakat muslim kota medan (studi kasus penggunaan aplikasi Tokopedia) secara parsial. Berdasrakan hasil penelitian yang dialakukan diperoleh pengaruh yang signifikan brand produk terhadap konsumsi masyarakat Muslim Kota Medan. pada hasil uji F penelitian diperoleh secara simultan digital marketing dan brand produk berpengaruh terhadap Konsumsi masyarakat Muslim Kota Medan (Studi kasus pada penggunaan aplikasi Tokopedia). Hasil perhitungan pada koefisien Determinasi diperoleh variasi variabel Konsumsi Masyarakat Muslim Kota Medan (studi kasus pada penggunaan aplikasi Tokopedia) (Y) dipengaruhi oleh kedua variabel independen yaitu digital marketing (X1) dan brand (X2) produk dan sisanya dilura variabel yang diteliti.

Article Details

How to Cite
Alwi, D. A., Nurbaiti, N., & Armayani, R. R. . (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN BRAND PRODUK TERHADAP KONSUMSI MASYARAKAT MUSLIM KOTA MEDAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(11), 2375–2381. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3768
Section
Articles

References

Aryanto, Vincent Didiek Wiet. et.al. 2020. Marketing Digital Bagian Dari Ekonomi, Yogyakarta: Pt. Kanisuis.

Wirdamulia, Ardi. 2019. Strategi Pengelolaan Merek, Bogor: IPB Press.

Andrian. 2019. “Digital Marketing Dan Ragam Produk Pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkaa Jakarta Raya Angkatan 2016)”, Jurnal Bisnis Dan Manajemen.

Sawlani, Dhiraj Kelly. 2021. Digital Marketing Brand Images, Surabaya,. PT. Scopindo Media Pustaka.

Febriyantoro, J. dan Trio, 2018 Mohamad. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis Dewantara (Jmd) Vol.1. No.2.

Harahap, Isnaini.et.al. 2015. Hadis Hadis Ekonomi, Jakarta: Prenadamedia Group.

Harahap, Isnaini.et.al. 2015. Pengantar Ekonomi, edisi pertama Jakarta: Prenadamedia Grou.

Ikhsan, Arfan.et.al. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Bandung: Ciptapustaka Media, 2014.

Khalimatus, Sa’diyah,et.al. 2019. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Asuransi PT. Prudential Life Assurance, Jurnal JLAGABI Vol. 8, No, 3. 01.

Kotler, Phillip dan Kartajaya, Hermawan. 2019. Marketing 4.0 Bergerak Dari Tradisional Ke Digital, Jakarta: Pt Gramedia Pustaka.

Ridwan, Muhammad.et.al. 2018. “Keputusan Pembelian Melalui Situs Belanja Online Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam”. dalam J-EBIS Vol. 3, No. 2, Juni

Nurbaiti.et.al. 2020. “E-Commerce Trade In The Prespective of Islamic Economy. Jurnal of Management and Business Innovations”.

Rahmi, Nur Ahmadi Bi. 2016 Metodologi Penelitian Ekonomi, Medan: FEBI UINSU Press.

Sukiati. 2016. Metodologi Penelitian, Medan: Perdana Publishing.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Azhari Akmal. 2016. Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi, Medan: Febi Uin-Su Press.