PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP KEPUTUSAN DONATUR MEMBAYAR ZIS MELALUI GOPAY PADA DOMPET DHUAFA KOTA MEDAN

Main Article Content

Fadlika Dwi Ramil
Nurbaiti Nurbaiti
Muhammad Syahbudi

Abstract

Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Technology Acceptance Model Dan Financial Technology (Fintech) terhadap keputusan Donatur membayar ZIS melalui Gopay Pada Dompet Dhuafa di Kota Medan. Adapun jenis penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif. Penelitian ini memakai 2 variabel independen yaitu Technology Acceptance Model dan Financial Technology (Fintech) serta satu variabel dependen yaitu Keputusan Donatur Membayar ZIS Melalui Gopay Pada Dompet Dhuafa di Kota Medan. Sesudah melakukan tinjauan pustaka ataupun lapangan, serta penyusunan hipotesis data pada penelitian ini didapat melalui penyebaran kuisioner kepada 81 Donatur sebagai sampel penelitian dengan skala likert sebagai teknik pengambilan sampel. Data diolah melalui program SPSS 23.0 dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Technology Acceptance Model memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Donatur Membayar ZIS Melalui Gopay Pada Dompet Dhuafa di Kota Medan. Dengan nilai t hitung variabel Technology Acceptance Model 2,652 > 1,665 dan signifikansi sebesar 0,010 > 0.05. 2) Financial Technology memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Donatur Membayar ZIS Melalui Gopay Pada Dompet Dhuafa di Kota Medan.Dengan nilai t hitung variabel Financial Technology 4,718 > 1,665 dan signifikansi sebesar 0,000 > 0.05. 3) Secara Simultan variabel Technology Acceptance Model dan Financial Technology memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Donatur Membayar ZIS Melalui Gopay Pada Dompet Dhuafa di Kota Medan. Dengan nilai Fhitung > Ftabel 51,643 > 2,72 dan signifikansi pada 0,00 < 0,05 Artinya ada pengaruh signifikan variabel X1, X2 dan variabel Y secara bersama-sama.

Article Details

How to Cite
Ramil, F. D. ., Nurbaiti, N., & Syahbudi, M. . (2022). PENGARUH TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DAN FINANCIAL TECHNOLOGY TERHADAP KEPUTUSAN DONATUR MEMBAYAR ZIS MELALUI GOPAY PADA DOMPET DHUAFA KOTA MEDAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1534–1543. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2167
Section
Articles

References

Abdul Karim, Mustofa. “Pengaruh Penerimaan Sistem Pembayaran Go-Pay Menggunakan TAM (Technology Acceptance Model) Terhadap Intestitas Penggunaan Layanan Gojek” (Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, 2017)

Ambara, Iqbal M. Problematika Zakat dan Pajak Indonesia, (Jakarta: Sketsa, 2009)

Amstrong, Kotler. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Proses Keputusan Pembelian, (New Jersey: Pearson Pretice Hall, 2014)

Ansori, Aan “Digitalization Of Islamic Economics” dalam Journal Islamic Financial and Business Economic, Vol.7, No.1, 2016

APJII. Infografis : Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia.

Bps.go.id https://www.bps.go.id/indicator/23/185/1/jumlah-penduduk-miskin-ribu-jiwa-menurut-provinsi-dan-daerah.html. Diunduh pada tanggal 25 Agustus 2021

Chandra, Tjiptono. Pemasaran Strategi Edisi Kedua, (Yogyakarta: Andi, 2012)

Davis, F. D. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology, dalam Jurnal The DATA BASE for Advances in Information Systems, Vol 41, No 4, November 2010

Garcia, Angela C. (ed.). “Ethnographic Approaches to the Internet and Computer Mediated Communication” dalam Journal Contemporary Ethnography, Vol.38 No.1, 2009

Ichwan, Afiful. “Pengaruh Digital Literacy dan Teknologi Acceptance Model terhadap Keputusan Muzakki Membayar ZIS melalui Fintech Go-Pay pada Baznaz”(Tesis, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020)

Ilmi, Makhalul. Teori dan Praktek Lembaga Keuangan Syari’ah, (Yogyakarta: UII Press, 2002)

Nurbaiti , et. al. “Determinant Perception Ease of Use, Effectiveness and Risk on The Interest of Transacing Using Financial Technology (Fintech) in Medan City Community” dalam Journal of Management and Business Innovations, Vol.02, No.01 2020.

Philip, Kotler dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran, Edisi 15 Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa : Bob Sabran. (Jakarta: Erlangga, 2016)

Risnaningsih, Inne. (2019). Analisis pengukuran return on invesment melalui akuntansi sumber daya manusia di Koperasi :(Studi komparatif neraca konvensional dan neraca dengan akuntansi SDM di KPRI Sasakadana Kab. Garut). Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 2(1), 37–50.

Risnaningsih, Inne. (2022). Peran Zakat dan Wakaf Sebagai Alternatif Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Eco-Iqtishodi: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Keuangan Syariah, 3(2), 117–126.

Saadah, Naili. Perencanaan Keuangan Islam Sederhana dalam Bisnis E- Commerce pada Pengguna Online Shop dalam Jurnal Ekonomi Islam. Vol. 9, No. 1, 2014

Soemitra, Andri. Bank & Lembaga keuangan Syariah ( Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009)

Sumadi, "Optimalisasi Potensi Dana Zakat, Infaq, Sadaqah Dalam Pemerataan Ekonomi Di Kabupaten Sukoharjo (Studi Kasus Di Badan Amil Zakat Daerah Kab. Sukoharjo"dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 3 No. 1, (2017)

Syahbudi, Muhammad dan R. Juli Moertiono, “Zakatech : Kesiapan Pembangunan Ekonomi Islam Di New Normal Era” Prosiding Seminar Internasional Kajian Islam Jilid 2, Medan 27-28 Januari 2021, e-ISSN: 2722-7618