DAMPAK DARI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI INDONESIA AKIBAT COVID-19 MENYEBABKAN STRESS DAN KECEMASAN PADA MAHASISWA

Authors

  • Akhtar Farrennarain Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Alfian Adi Saputra Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Muhammad Zidan Firliansyah Prawiro P Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Radian Suryo Utomo Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Ryandra Amrie Jusufa’iq Annaufal Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Denny Oktavina Radianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Keywords:

Pembelajaran jarak jauh, Stress, Kecemasan, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan peningkatan stres dan kecemasan pada mahasiswa akibat dampak pembelajaran jarak jauh atau daring selama masa pandemi Covid-19 dan menjelaskan bagaimana proses serta permasalahan yang ada selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dari jurnal nasional dan internasional yang meneliti tentang pengaruh pandemi Covid-19 terhadap stres dan kecemasan yang dialami mahasiswa dan data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode penelitian yang berusaha mengungkap fakta kejadian yang ditulis dalam pernyataan-pernyataan yang berasal dari sumber data yang diteliti. Dari beberapa jurnal menunjukkan peningkatan stres dan kecemasan selama pandemi Covid-19. Angka stress mahasiswa di Indonesia selama perkuliahan daring sebesar 55,1%. Angka kecemasan mahasiswa di Indonesia selama perkuliahan daring sebesar 40%. Beberapa upaya dapat dilakukan seperti aktivitas fisik, istirahat yang cukup, sosialisasi secara virtual serta menerapkan lingkungan yang sehat baik secara fisik maupun psikologis untuk mengurangi stres dan kecemasan.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid- 19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Arika, Y. (2020, March 18). Lebih dari 849 juta siswa di dunia belajar di rumah. Kompas. Retrieved from https://kompas.id/baca/humaniora/dikbud/2020/03 /18/lebih-dari-849-juta-siswa-di-dunia-belajar-di- rumah.

Barseli, dkk. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5 (03): 143-148.

Ermayulis, S. (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Dan Luring Di Tengah Pandemi Covid-19. Https://Www.Stit-Alkifayahriau.Ac.Id/Author/Www-Stit-Alkifayahriau-Ac-Id/. https://www.stit-alkifayahriau.ac.id/penerapan-sistem-pembelajaran-daring-dan-luring-di-tengah- pandemi-covid-19/

Fajar, T. (2020, March 25). Arti belajar di rumah ditengah wabah virus corona. Okezone News. Retrieved from https://news.okezone.com/read/2020/03/25/65/2188872/arti-belajar-di-rumah-di-

Ika. Cara Atasi Stres Selama Pandemi COVID-19 [Internet]. 2020 [cited 2020 Oct 3]. Available from: https://ugm.ac.id/id/newsPdf/19150- cara-atasi-stres-selama-pandemi- covid-19

Islam MA, Barna SD, Raihan H, Khan MNA, Hossain MT. Depression and anxiety among university students during the COVID-19 pandemic in Bangladesh: A web-based cross-sectional survey. Pakpour AH, editor. PLoS One. 2020;15(8):e0238162.

Kementerian Kesehatan RI. Buku Panduan Kampus Siaga Covid-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2020.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia; 2020.

Legiran, Azis MZ, Bellinawati N. Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. J Kedokt dan Kesehat Publ Ilm Fak Kedokt Univ Sriwij. 2015;2(2):197– 202.

NurCita B, Susantiningsih T. Dampak pembelajaran jarak jauh dan physical distancing pada tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. J Borneo Holist Heal. 2020;3(1):58–68.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. Infografik Masalah Psikologis Terkait Pandemi COVID-19 di Indonesia [Internet]. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. 2020 [cited 2020 Oct 3]. Available from: http://pdskji.org/home

Putri, A. G. (2020). Hak Setiap Warga Negara Indonesia untuk Mendapatkan Pendidikan. www. kompasiana.com. https://www.kompasiana.com

Vibriyanti D. Kesehatan mental masyarakat: mengelola kecemasan di tengah pandemi COVID-19. J Kependud Indones. 2020;69.

World Health Organization. Listings of WHO’s response to COVID-19 [Internet]. World Health Organization. 2020 [cited 2020 Oct 3]. Available from: https://www.who.int/news/item/29- 06-2020-covidtimeline

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Farrennarain, A., Adi Saputra , A. ., Zidan Firliansyah Prawiro P, M. ., Suryo Utomo, R. ., Amrie Jusufa’iq Annaufal , R. ., & Oktavina Radianto, D. . (2023). DAMPAK DARI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI INDONESIA AKIBAT COVID-19 MENYEBABKAN STRESS DAN KECEMASAN PADA MAHASISWA. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(5). Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3367

Most read articles by the same author(s)