Pengaruh Live Streaming dan Price Discount terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna TikTok Shop di Kabupaten Majalengka
DOI:
https://doi.org/10.32670/coopetition.v16i1.5092Keywords:
Live Streaming, Customer Loyalty, Price Discount, Tiktok ShopAbstract
ABSTRAK
Transformasi digital menggeser cara berbelanja dengan memperkenalkan social commerce yang membuat perusahaan dihadapkan pada tuntutan tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mempertahankan loyalitas pelanggan. Namun, tidak sedikit loyalitas pelanggan rendah diakibatkan karena kekuatan live streaming dan price discount yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan live streaming, price discount dan loyalitas pelanggan serta mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh live streaming dan price discount terhadap loyalitas pelanggan pengguna TikTok Shop Majalengka. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriftif dan verifikatif. Jumlah populasi pengguna TikTok Shop Majalengka berjumlah 100 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel accidental sampling dengan jumlah 100 orang pada pengguna TikTok Shop Majalengka. Data analisis menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa live streaming dan price discount memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat loyalitas pelanggan.
Kata Kunci: Live Streaming, Loyalitas Pelanggan, Price Discount, Tiktok Shop.
ABSTRACT
Digital transformation has shifted the way shopping is done by introducing social commerce, which makes companies faced with the demands of not only attracting but also maintaining customer loyalty. However, not a few low customer loyalty is caused by the strength of live streaming and price discounts that are still low. This study aims to describe live streaming, price discounts and customer loyalty and to determine and partially analyze the effect of live streaming and price discounts on customer loyalty of TikTok Shop Majalengka social commerce users. This study uses a quantitative approach method with descriptive and verification analysis. The total population of TikTok Shop Majalengka social commerce users is 100 people. The sample used was accidental sampling with a total of 100 people in TikTok Shop Majalengka social commerce users. Data analysis using classical assumption test, multiple linear regression analysis, coefficient of determination analysis and hypothesis testing. The results of this study state that live streaming and price discounts have a positive and significant effect on customer loyalty.
Keywords: Live Streaming, Customer Loyalty, Price Discount, Tiktok Shop
Downloads
References
Aryatiningrum, S. W., & Insyirah, A. I. (2020). Pengaruh Price Discount terhadap Loyalitas Konsumen pada Pengguna Online Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 946. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p946-953
Belch, G., & Belch, M. (2009). Advertising and Promotion : An. Integrated Marketing Communication Perpective (8th ed.). New York: McGrew-Hill Irwin.
Faradiba, B., & Syarifuddin, M. (2021). Covid-19: Pengaruh Live Streaming Video Promotion Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Buying Purchasing. Economos : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.31850/economos.v4i1.775
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS (10th ed.). Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Silfiyah, A., Pudyaningsih, A. R., & Subagio, D. P. W. (2024). Pengaruh Live Streaming dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Produk Jiniso pada Marketplace Shopee di Pasuruan. Revenue Manuscript, 2(1), 19–30.
Sismanto, A., & Wulandari. (2023). Pengaruh Prices Discount dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Pelanggan Guna Meningkatkan Keputusan Pembelian Minimarket Hypermart Lippo di Lubuk Linggau. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 4(2), 322–328. https://doi.org/10.36085/jems.v4i2.5387
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tussifah, H., & Annisa’, Z. (2024). Pengaruh voucher price discount, customer experience, dan customer satisfaction terhadap customer loyalty pada sistem pengiriman paket Roya Mantingan. Insight Management Journal, 4(2), 80–89.
Widiyanto, I. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
Ye, X. M., Batool, H., & Huang, S. Z. (2023). The effect of e-commerce livestreaming services on customer loyalty: a test of the chain mediation model. Journal of Innovation and Entrepreneurship, 12(1). https://doi.org/10.1186/s13731-023-00310-2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.