Implementasi Meningkatkan Sumber Daya Manusia Melalui Program Mengembangkan Kecerdasan Logika Metematika Anak Usia Dini Menggunakan Media Kartu Angka

Authors

  • Mahsiani Mina Laili Universitas Bina Bangsa, Serang, Indonesia
  • Marini Magdalena Universitas Bina Bangsa, Serang, Indonesia
  • Siti Kholifah Universitas Bina Bangsa, Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32670/coopetition.v15i3.4796

Keywords:

mathematical logic intelligence Horward, Gardner, early childhood, number card media

Abstract

Mathematical logic intelligence is one of the intelligences that every human resource must have which should be prepared from an early age so that children are trained from an early age to be able to think critically using their logic. This research analyzes the mathematical logic abilities of early childhood using a combination of qualitative and quantitative. The methods used in this research are surveys and case studies, as well as questionnaires and observation measuring tools as techniques for collecting data. This research involved 10 children consisting of 5 girls and 5 boys and then a pre-test was carried out using the Gardner H (1993) mathematical logic intelligence instrument without number cards. Next, the 10 children were given game stimulation using number cards for 15 days and a post-test was carried out again. The results of the research showed that the mathematical logic intelligence of the ten children who had been stimulated using number cards increased very well. This can be seen from the ability to count, read numbers and solve problems logically which has a very good increase in score after being stimulated using number cards

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awan V, Hasibuan M. 2020. Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini ISSN 2089-1431

Azzahro S, Anggraheni I, Dewi MS. 2022. Penggunaan Kartu Angka Dalam Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B Di Ta Al-Ikhlas. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 4 Nomor 2 Tahun 2022 e-ISSN: 26556332

Fatmah. 2019. Permainan Kartu Angka Dapat Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Pada Kelompok B Tk Dharma Wanita Masbagik Utara. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains. Volume 1, Nomor 2, Agustus 2019; 97-111

Gardner H. 1993. Multiple Intelligences (The Theory in Practice). New York: Basic Books

Hasni. 2019. Melalui Permainan Kartu Angka Dapat Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Benda-Benda. Edisi : Jurnal Edukasi dan Sains Volume 1, Nomor 1, Agustus 2019; 99-117

Katadata. 2024. Data dan Informasi Skor Kemampuan Matematika pelajar ASEAN tahun 2022 [Internet]. [diunduh 2024 Juli 02]. Tersedia pada: https://katadata.co.id

Khoiriyyah A. 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Penggunaan Kartu Angka pada Anak TK Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 2 Tahun ke 7

Laili MM, Munawaroh, Suraya L, Fatmawati, Suminah, Haeriyah, Mursyidah, Yustiaroh, Masitoh S. 2024. Penyuluhan Teknik Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini di Paud Daarussolihin Cilegon. Community Development Journal. ISSN: 2721-5008

Mufarizuddin. 2017. Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika Anak melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.31004/obsesi.v1i1.32

Muslimin SZ. 2020. Implementasi metode bermain kartu angka untuk Meningkatkan kemampuan kognitif (mengenal dan Membilang angka 1-10) pada kelompok A di tk Dharmawanita kalijaga desa kalijaga Kec. Aikmel kabupaten lombok timur Tahun pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Aura Vol 12 No 1 2020

Piaget, J. (2013). Play, dreams, and imitation in childhood. London: Routledge.

Putri AA, Reswita, Ani S, Novitasari Y, Fadillah S. 2023. Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif Papan Telur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. ISSN: 2549-8959

Sevtiandini A & Hajerah. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Angka terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Di Taman Kanak kanak Annisa. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Anak Usia Dini. ISSN: 2476 - 9363 Volume 5 Nomor 1 Tahun 2019

Widiastuti YKW, Rasmani UEE, Hafidah R. 2017. Gambaran Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendikia. ISSN: 2338-008X

Yanti E, Sari IK, Hayati F. 2021. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Penggunaan Media Kartu Angka Dengan Permainan Ular Naga Pada Anak Kelompok B Tk Satu Atap Sd Lambirah Tahun Ajaran 2020/ 2021. Jurnal Ilmiah Mahasiswa E-ISSN 2502-0X0X Volume 2, Nomor 2

Zulkarnain I & Nurbaiti I. 2019. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. ISSN: 2581-0812

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Mina Laili, M. ., Magdalena, M. ., & Kholifah, S. . (2024). Implementasi Meningkatkan Sumber Daya Manusia Melalui Program Mengembangkan Kecerdasan Logika Metematika Anak Usia Dini Menggunakan Media Kartu Angka . Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(3), 457–466. https://doi.org/10.32670/coopetition.v15i3.4796