Implementasi dan Relevansi Kebijakan Dalam Pemerataan Pendidikan: Studi Literatur Pelayanan Publik

Authors

  • Kasypul Anwar Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari

DOI:

https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i3.2496

Keywords:

Education Management, Education Policy, Public Service.

Abstract

Every development of a country inevitably goes through a series of policies that must be implemented, including in the field of education. This study aims to collect evidence from scientific studies on the suitability of educational policy formulation with actual implementation. A series of related literature searches across various journals, publications, books and websites actively addresses educational policy and practice issues to support this research. We can use this data as study data after going through a series of studies related to the critical assessment data coding system and conclude after an in-depth interpretation of the data using a phenomenological approach. The data is completely valid and up-to-date. Based on the results of the research and discussion of this research, it can be concluded that the implementation of education policy is an action that is closely related to the way education is carried out with full responsibility, accountability in accordance with its duties. programmed by the constitution to improve the quality and accountability of education. The results of this study are expected to be an important input for efforts to develop similar research in future research activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananta, A., Arifin, EN, & Hasbullah, MS (2015). Demografi suku bangsa Indonesia. Penerbitan ISEAS.

Anderson, JQ, Boyles, JL, & Rainie, L. (2012). Dampak Masa Depan Internet pada Pendidikan Tinggi: Para Ahli Mengharapkan Lingkungan Kolaboratif yang Lebih Efisien dan Skema Penilaian Baru; Mereka Khawatir tentang Kursus Online Besar-besaran, Pergeseran dari Kehidupan Di Kampus. Pew Internet & Proyek Kehidupan Amerika.

Armstrong, D., Armstrong, AC, & Spandagou, I. (2011). Inklusi: Karena pilihan atau kebetulan?. Jurnal internasional pendidikan inklusif, 15(1), 29-39.

Banerjee, A., Banerji, R., Berry, J., Duflo, E., Kannan, H., Mukerji, S., ... & Walton, M. (2017). Dari bukti konsep hingga kebijakan yang terukur: Tantangan dan solusi, dengan aplikasi. Jurnal Perspektif Ekonomi, 31(4), 73-102.

Bryson, JM (2018). Perencanaan strategis untuk organisasi publik dan nirlaba: Panduan untuk memperkuat dan mempertahankan pencapaian organisasi. John Wiley Press.

Defourny, J., & Nyssens, M. (2010). Konsepsi perusahaan sosial dan kewirausahaan sosial di Eropa dan Amerika Serikat: Konvergensi dan divergensi. Jurnal kewirausahaan sosial, 1(1), 32-53.

Dhawan, S. (2020). Pembelajaran online: Obat mujarab di masa krisis COVID-19. Jurnal sistem teknologi pendidikan, 49(1), 5-22.

Dwidjowijoto, RN (2004). Komunikasi pemerintahan: sebuah agenda bagi pemimpin pemerintahan Indonesia.

Ekawati, S., Budiningsih, K., Sari, GK, & Muttaqin, MZ (2019). Kebijakan yang mempengaruhi implementasi REDD+ di Indonesia (kasus di Papua, Riau dan Kalimantan Tengah). Kebijakan hutan dan ekonomi, 108, 101939.

Eljawati, E., Tefa, G., Susilawati, S., Suwanda, SN, & Suwanda, D. (2021). Kepemimpinan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Kajian Linguistik dan Budaya, 6(S1), 252-263.

Glewwe, P. (1996). Relevansi perkiraan standar tingkat pengembalian ke sekolah untuk kebijakan pendidikan: Sebuah penilaian kritis. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 51(2), 267-290.

Ham, C., Berwick, D., & Dixon, J. (2016). Meningkatkan kualitas di NHS Inggris. London: Dana Raja.

Harris, F., McCaffer, R., Baldwin, A., & Edum-Fotwe, F. (2021). Manajemen konstruksi modern. John Wiley & Sons.

Ilyasin, M. (2020). Transformasi Manajemen Pembelajaran: Studi Integratif Kurikulum Pondok Pesantren. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 13-22.

Katz, J. (2015). Sebuah teori metodologi kualitatif: Sistem sosial kerja lapangan analitik. Metode (e) s: Tinjauan Afrika Metodologi Ilmu Sosial, 1 (1-2), 131-146.

Kusumasari, B., & Alam, Q. (2012). Model pemulihan bencana berbasis kearifan lokal di Indonesia. Pencegahan dan Manajemen Bencana: Sebuah Jurnal Internasional.

Latif, A. (2012). Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Program Wajib Belajar Sembilan Tahun di Kecamatan Baros Kabupaten Serang (Disertasi Doktor, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Maryudi, A. (2016). Memilih verifikasi legalitas kayu sebagai instrumen kebijakan pemberantasan illegal logging di Indonesia. Kebijakan Kehutanan dan Ekonomi, 68, 99-104.

McConnell, A. (2010). Memahami keberhasilan kebijakan: Memikirkan kembali kebijakan publik. Pendidikan Tinggi Internasional Macmillan.

Miller, A. (2020). Pembangunan melalui pendidikan vokasi. Pengalaman hidup anak muda di sebuah restoran pendidikan kejuruan, pelatihan di Siem Reap, Kamboja. Heliyon, 6(12), e05765.

Morris, MG, & Venkatesh, V. (2010). Karakteristik pekerjaan dan kepuasan kerja: Memahami peran implementasi sistem perencanaan sumber daya perusahaan. Mis Quarterly, 143-161.

Nkurunziza, J., Broekhuis, A., & Hooimeijer, P. (2012). Pendidikan gratis di Rwanda: Hanya satu langkah untuk mengurangi ketidaksetaraan gender dan saudara kandung. Penelitian Pendidikan Internasional, 2012.

Pathak, V., Jena, B., & Kalra, S. (2013). Penelitian kualitatif. Perspektif dalam penelitian klinis, 4(3).

Reimers, FM, & Chung, CK (Eds.). (2019). Pengajaran dan pembelajaran untuk abad kedua puluh satu: Tujuan pendidikan, kebijakan, dan kurikulum dari enam negara. Pers Pendidikan Harvard.

Rhodes, RL (2022). Desain dan Penilaian yang Setara: Menjelajahi Perspektif Multibahasa dan Dialogisme Bakhtin dalam Pedagogi Penulisan Bahasa Inggris. Dalam Handbook of Research on Policies and Practices for Assessing Inclusive Teaching and Learning (hlm. 137-156). IGI Global.

Riyanto, A. (2019). Pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada lembaga pendidikan nonformal Kejar Paket C di PKBM Al-Huda Wonowoso Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak 2018/2019 (Skripsi). UIN Walisongo.

Sari, I. (2020). Analisis dampak pandemi COVID-19 terhadap kecemasan masyarakat: Literature review. Bina Generasi: Jurnal Kesehatan, 12(1), 69-76.

Sibarani, S., & Sinamo, N. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Ilmu Sosial KNE, 433-440.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroso, A., Hendriarto, P., Mr, GNK, Pattiasina, PJ, & Aslan, A. (2021). Tantangan dan Peluang Menuju Generasi Berbudaya Islami: Analisis Sosial Budaya. Tinjauan Linguistik dan Budaya, 5(1), 180-194.

Thies, CG, & Sari, AC (2018). Pendekatan teori peran untuk kekuatan menengah: Memahami tempat Indonesia dalam sistem internasional. Asia Tenggara Kontemporer, 40(3), 397-421.

Titaley, CR, Hunter, CL, Dibley, MJ, & Heywood, P. (2010). Mengapa beberapa wanita masih lebih memilih dukun bayi dan persalinan di rumah?: studi kualitatif tentang layanan perawatan persalinan di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kehamilan dan persalinan BMC, 10(1), 1-14.

Tripp, D. (2011). Insiden kritis dalam pengajaran (edisi klasik): Mengembangkan penilaian profesional. Routledge.

Tukker, A., Cohen, MJ, Hubacek, K., & Mont, O. (2010). Dampak konsumsi rumah tangga dan pilihan perubahan. Jurnal Ekologi Industri, 14(1), 13-30.

Widana, IK, Dewi, GAOC, Suryasa, W. (2020). Pendekatan ergonomi untuk meningkatkan konsentrasi mahasiswa dalam proses pembelajaran etika profesi. Jurnal Penelitian Lanjutan dalam Sistem Dinamis dan Kontrol, 12(7), 429-445.

Zulkhairil, A., Akib, H., & Suradi, S. (2021). Akseptabilitas kebijakan publik: Kajian kebijakan alih kelola guru SMA dan tenaga kependidikan di Provinsi Sulawesi Selatan. Tinjauan Linguistik dan Budaya, 5(S2), 1072-1082

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Anwar , K. . (2022). Implementasi dan Relevansi Kebijakan Dalam Pemerataan Pendidikan: Studi Literatur Pelayanan Publik. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(3), 419–428. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i3.2496