Pengelolaan Pembelajaran Dalam Proses Pengembangan Sosial Emosional Standar Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.215Keywords:
Pengelolaan Pembelajaran, Perkembangan Sosio Emosional Anak.Abstract
In connection with descriptive data analysis, this research will describe from the results of documentation and field observations from the analysis of learning management in the process of social emotional development of PAUD Az-Zahra Islamic Preschool Cicalengka, Bandung Regency The results of the analysis documentation carried out by researchers on the management of learning in the process of social emotional development aged 4-5 years of 17 children at PAUD Az-Zahra Islamic Preschool Cicalengka, Bandung Regency. There are several indicators in learning management 1) Planning 2) Implementation of learning, namely activities before entering class, preliminary activities, core activities, eating and resting activities, closing activities 3) Evaluation, namely Assessment, Reporting and follow-up. So it can be concluded that the management of learning in the process of social emotional development of PAUD Az-Zahra Islamic Preschool Cicalengka Bandung Regency has been done by the teacher well according to the indicator although there are still two indicators that have not been implemented, the success of the teacher can be seen from the level of achievement of emotional social development a good boy.
Downloads
References
Abdullah, (2016) Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Palangka Raya, Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, Vol. 02, No. 2.
Afrianti Nurul. (Mei 2014) Permainan Tradisional, Alternatif Media Pengembangan Kompetensi Sosial-Emosi Anak Usia Dini, Cakrawala Dini, Vol. 5 No. 1
Aida, Nurul, Rr. Amanda Pasca Rini, (2015) Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Psikologi Indonesia, Vol. 4, No. 01.
Alfian Erwinsyah, (2016) Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2
Amakae Indah Haryati, (2016) Analysis Of Thematic Lerning Planing Proces Using Scientific Approach At SDN Monggang, Jurnal Pendiidkan Sekolah Dasar, Vol. 6. No. 5
Amin Sabi'ati,. (2016) Membangun Karakter Aud Dalam Pengembangan Nilai Agama Dan Mor al Di Ra Masyithoh Pabelan Kab. Semarang. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, , Vol. 2 No. 1
Ananda Fadhilaturrahmi Rizki, (2018) Kemampuan Sosial Emosiona Lmelalui Permainan Kolaboratif Pada Anakkb, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikananak Usia Dini,Vol, 2. No. 1
Anwar Chairul (2014) , Hakikat Manusia Dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofi Yogyakarta: Suka Press.
Anwar Chairul, (2017) Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontenporer, Yogyakarta: IRCiSoD.
Aprianto Iwan, (Maret 2017) Metode Pembelajaran Anak Usia Dini (Paud), At-Tasyrih, Volume 2, Nomor 2
Arifin, Zainal. (2009) Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Arikunto Suharsimi, (1996) Pengelolaan Pembelajaran Pada Siswa (Sebuah Pendekatan Evakuatif), Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ariyanti Tatik, (2016) The Importance Of Childhood Education For Child Development, Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, Vol. 8, No. 1
Arora Ankuj, Humbert Fiorino, (21 Novemeber 2018) review of learning planning action models, Engineering Review Journal, volume. 33. E20,
Azwardi. (2015) "Manajemen Pembelajaran Paud." Manajer Pendidikan, vol. 9, No.1,
Basiliu R. (2015) Werang, Manajemen Pendidikan Sekolah, Yogyakarta: Media Akademi
Bungin Burhan, ( 2015) Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.
Cresswell John. W. , (2014) Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Danarwati Yanti Sri, (2013) Manajemen Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Mimbar Bumi Bengawan 6.13
Departemen Agama RI, (2009) Al-Qur’an Dan Terjemah. Jakarta: Pustaka Al-Hanan.
Dewi Nugrahaningtyas Ratna, (2014) Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Di Panti Asuhan Benih Kasih Kabupaten Sragen, Belia, Vol. 3, No. 2.
Efrida Ita, (Januari 2018) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di TK Rutosuro Kecamatan Golewo Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur, Internasional Creative Jurnal Dimensi Pendiidkan Dan Pembelajaran, Vol. 6, NO. 1
Eka Damayanti, (2018) Manajemen penilaian pendidikan anak usia Dini Pada Tamankanak- Kanak Citra Samata Kabupatengowa, Journal Ofearly Childhood Education, Vol.1, No.1
Eliyanti Marlina, (November 2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar , Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume 03 No 02
Erwinsyah, Alfian (2016) Pengelolaan Pembelajaran Sebagai Salah Satu Teknologi Dalam Pembelajaran, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 4, No. 2. Fadhila Turrahmi , (2018) Kemampuan Sosial Emosional Melalui
Permainan Kolaboratif PadaAnakKb, Jurnal Obsesi: Jurnal PendidikanAnak Usia Dini, Vol. 2, No. 1
Farida Siti, (Desember 2017), Pengelolaan Pembelajaran Paud, Jurnal Pemikiran, Penelitian Pendidikan Dan Sains, Vol. 5, No. 2, H. 191
Fatimah Zahro Ifat, (2015) Penilaian Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini, Tunas Siliwangi, Vol. 1, No. 1.
Fuji Rahayu Entin, (2015) Manajemen Pembelajaran Dalam Rangka Pengembangan Kecerdasan Majemuk Peserta Didik, Manajemen Pendidikan, Vol. 24, No. 5. Hapsari Widyaning, (2016). Model Pendidikan Karakter pada AUD Melalui Program Islamic Habituation, Jurnal Indigenous, Vol. 1 No. 2
Jati Putri Ayuda, (2003) Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Taman Penitipan Anak (Tpa) Melati School Ketintang Tengah-Surabaya, Character, Vol. 02, No. 02.
Kunandar, (2011) Langkah Muda Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : Rajawali Pers.
Listyani Endang, (2012), Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp
Nasima Semarang, Educational Management, Vol. 1, No. 1.
Lutvaidah Ukti, (2015) Pengaruh Metode Dan Pendekatan Pembelajaran Terhadap Penguasaan Konsep Matematika, Jurnal Formatif, Vol. 5, N0. 3
M, B &Hubermen, A. M, Miles (1984) Qualitative Data Analysis A Sourebook Of New Methods Califormia: Sage Publications, Inc.
Made Lestiawati I, (2013) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia 6-7 Tahun, Jurnal Ilmiah Visi P2tk Paudni, Vol. 8, No. 2.
Maldarisa Olivia Greta, A.T. Hendrawijaya, Niswatul Imsiyah, (2017) (The Corellation Between A Methods Of Habituation With A Religious Attitudes Of Early Childhood At Paud Play Group Mawar 02 Lumajang), Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, Vol. I No. 1.
Marasabessy Apridayani. (2012) Analisis Pengelolaan Pembelajaran Yang Dilakukan Oleh Guru Yang Sudah Tersertifikasi Dan Yang Belum Tersertifikasi Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar.Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 13, No.1.
Mayar Farida, (2013) Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa¸Jurnal Al-Ta’lim, Jilid. 1, No. 6
Mclachlan Clairi, marilyn fleer, susan edwards, (2019) erly childhood curriculum, (new zealand: cambridge university press
Miranda Wahyuni, Sri, M. Syukri, and Dian. (2015) "Peningkatan Perkembangan Sosial Emosional melalui Pemberian Tugas Kelompok pada Anak Usia 5-6 Tahun." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4.10
Mohamad Mustari , (2014), Manajemen Pendidikan, Jakarta: Pt Raja Grapindo Persada.
Muhtadi, Ali; Al, Luqman. (2006) Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1, 50
Mulyani Novi, (2014) Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, Raushan Fikr, Vol. 3 No. 2, Januari
Mulyasa E., (2012) Manajemen Paud, Bandung: Pt Remaja Rosdakarya
Munir Ahmad, (2013) Manajemen Pembiayaan Pendidikan Perspektif Islam, Jurnal At Ta’dibb,Vol.8 No. 2
Mutia Cut, (2016) Manajemen Pembelajaran Melalui Pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Vol. 4, No. 1
Naway Fory, (2016) Strategi Pengelolaan Pembelajaran, Gorontalo: Ideas Publishing
Nurani Sujiono Yuliani, (2009) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Permata Puri Media
Nurjanah, (2017) Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anakusia Dini Melalui Keteladanan, Hisbah : Jurnal Bimbingan Konsling Dan Dakwah Islam, Vol. 14, No. 1.
Nurjannah Laila, (November 2018) Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak, Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 1, No. 2
Nurmalitasari Femmi, (2015) Perkembangan Sosial Emosi Pada Anak Usia Prasekolah, Buletin Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Volume 23, No. 2.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Prapsiwi Dwi, (2012), Pengelolaan Pembelajaran anak usia dini, Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Qorni Wais Al, (2016), manajemen pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai tauhid dan entrepreneurship di Tk Khalifah Yogyakarta, Tesis, Pasca Sarjana Uin Suanan Kalijaga Yogyakarta.
Raehang, (2014) Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Koomperatif, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 7, No. 1.
Ratna Wulan, (2011) Mengasah Kecerdasan Pada Anak (Bayi-Prasekolah), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rezeki Sri, Murniati, Ar , Cut Zahri Harun, (2015) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Dan Pelatihan Prajabatan Pada Bkpp Aceh, Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 3, No. 4.
Rahayu, T., Syafril, S., Othman, K. B., Halim, L., & Yaumas, N. E. (2018). Kualiti Guru, Isu Dan Cabaran Dalam Pembelajaran Stem
Romlah, (2018) Manajemen Pendidikan Islam. Bandar Lampung: Harakindo Publishing
Rubianti Rini, M. Thamrin, Desni Yuniarni, Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Permainan Pasir Pada Anak Usia 4–5 Tahun, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran,
Rusman, (2014) Model-Model Pembelajaran, Jakarta: Pt Raja Grapindo Persada.
Saadah Fitriyatus. (2016) "Pengelolaan Pembelajaran Di Sd Negeri Bungah Gresik." Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No.1
Saadah, (2016) Fitriyatus. "Pengelolaan Pembelajaran Di Sd Negeri Bungah
Gresik." Inspirasi Manajemen Pendidikan, vol. 4, no. 1
Sapendi, (2015) Internalisasi Nilai-Nilai Moral Agama Pada Anak Usia Dini, At-Turats, Vol. 9, No. 2.
Sary Yulia, Yusrizal, Khairuddin, (2015) Manajemen Pembelajaran Sentra Dan Lingkaran Pada Paud Subulussalam Kota Banda Aceh, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 3, No. 4,
Setyaningrum Indanah, Yuli, (2019) Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Pra Sekolah, Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan. Vol.10 No.1
Sitompul Hafsah, (2016) Metode Keteladanan Dan Pembiasaan Dalam Penanaman Nilai- Nilai Dan Pembentukan Sikap Pada Anak, Jurnal Darul ‘Ilmi, Vol. 04, No. 1
Sopyan Sauri. (2003). Pengembangan Strategi Pendidikan Berbahasa Santun di Sekolah. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia
Sopyan Sauri. (2007). Sekilas tentang pendidikan nilai. Kopus Politeknik UNSI Kabupaten Sukabumi.
Sudiyono Akhmad, (2012), pengelolaan pembelajaran pendidikan anak usia dini di Paud Al-Barokah kecamatan Rowokele Kebumen, Tesis Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta
Sunhaji, (2014) Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran , Jurnal Kependidikan, Vol. Ii, No. 2.
Susanto Ahmad, (2012) Perkembangan Anakusia Dini. Jakarta:Kencana Prenada media group.
Susilo, Setiadi. (2016) pedoman penyelenggaraan paud, Jakarta :BEE media pustaka Anggota IKAPI
Syafril, Syafrimen. (2010)Pembinaan Modul Eq Untuk Latihan Kecerdasan Emosi Guru- Guru Di Malaysia. Diss. (National University Of Malaysia)
Syafril,Syafrimen. Nova Erlina Yaumas. (Oktober 2015) Profil Kecerdasan Emosi Calon Guru Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung Indonesia, Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia Bangi, Selangor Malaysia
Turrahmi Fadhila, (2018) Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Kolaboratif Pada anak kb, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikananak Usia Dini, Vol. 2, No. 1.
Tusyana Eka, (Maret 2019) Analisis Perkembangan Sosial-Emosional, Jurnal Inventa. Vol III. No. 1
Ujang Cepi Berlian. (2018). Pendidikan Nilai Dalam Budi Pekerti, Journal Cakrawala IAINU Kebumen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Vol I. No. 1
Widodo, S. F. A. (2015). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. pada, 26.
Wijayanti Rin Wijayanti Rina Dan Mochammad Ramli Akbar, (Agustus‐2016) Kompetensi Pedagogis Guru Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Gugus Sekolah 11 Arjowinangun Kota Malang, Jurnal Pedagogi, Volume 2 Nomor 3a Dan Mochammad Ramli Akbar, (Agustus‐2016) Kompetensi
Wildan, (2017) Pelaksanaan Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Di Sekolah Atau Madrasah, Jurnal Tatsqif, Volume 15 No. 2
Wiyani Ardy, (2014) Novan. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media
Wulandari Mega, (2017), Manajemen Pembelajaran Pada Lembaga Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik (Studi Pada Lbb Klinik Belajar Edu Privat Di Kota Baru Driyorejo Gresik), E-Jurnal Unesa. Volume 3 Nomor 1
Yamin Jamila Sabri Sunan,,(2013) Panduan Paud Pendidikan Anak Usia Dini , Ciputat: Gaung Ada Press Group.
Yanto Ari, (2015) Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips,Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. I, No. 1.
Yanto Ari, (Januari 2015)Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips,Jurnal Cakrawala Pendas, Vol. I, No. 1