Kajian penggunaan aplikasi beyoursound berdasarkan pendekatan TAM
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan kemudahan dan kesetiaan aplikasi beyoursound bagi membernya, serta mengetahui hubungan kausal antara faktor-faktor tersebut. Model yang diajukan untuk mengkaji penerimaan aplikasi beyoursound dalam penelitian ini adalah TAM Sampel merupakan civitas akademisi dari Politeknik Jakarta Internasional yang diambil secara non random dengan menggunakan teknik snow ball sampling. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan aplikasi beyoursound dipengaruhi oleh faktor luar seperti alat rekam berupa mic yang memadai dan baik, spesifikasi komputer dan akses internet yang baik. Serta faktor kemudahan dalam penggunaan aplikasi beyoursound mempengaruhi kepada kemanfaatan dalam menggunakannya. Pengguna aplikasi beyoursound bila sudah merasa senang dalam menggunakannya, dan dengan tingkat akurasi rekaman yang baik berpengaruh signifikan terhadap niat Intention to Use (ITU) untuk menjadi setia dalam menggunakannya.
Article Details
References
Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem manajemen pembelajaran pada masa pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291
Bulutoding, L., & Amiruddin, A. (2014). Pengaruh faktor internal dan eksternal terhadap kinerja sistem informasi: Studi pada perbankan. Journal of Accounting and Investment, 15(2), 124–136. https://journal.umy.ac.id/index.php/ai/article/view/1334
Chamid, A., Santi, M. W., Rachmawati, E., & Yunus, M. (2022). Evaluasi penggunaan sistem e-posyandu dengan metode Technology Acceptance Model (TAM) di Posyandu Manggis 15, 15A, dan 18 Dusun Darungan Jember. Jurnal Penelitian Kesehatan" SUARA FORIKES"(Journal of Health Research" Forikes Voice"), 13(4), 1105–1112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33846/sf13442
Fahlevi, P., & Dewi, A. O. P. (2020). Analisis aplikasi Ijateng dengan menggunakan teori Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2), 103–111. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26799
Gerdiman, E. L. (2016). Pengaruh persepsi konsep, fungsi dan penerapan teknologi informasi terhadap minat dan prilaku pemanfaatan e-commerce studi kasus: Pengusaha komputer di Jakarta. Telematika MKOM, 1(1), 37–44. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.36080/telematikamkom.205
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IMB SPSS 23. Universitas Diponegoro.
Habibi, C. B., & Irwansyah, I. (2020). Konsumsi dan produksi musik digital pada era industri kreatif. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 5(1), 23–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/mc.v5i1.7449
Kurniawati, H. A., Arif, A., & Winarno, W. A. (2017). Analisis minat penggunaan mobile banking dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah dimodifikasi. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 24–29. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/ejeba.v4i1.4563
Mulyani, E. L. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka pengembangan SDM yang unggul dan berkualitas pada SMP IT Daarussalaam Tasikmalaya. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 115–123. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jbmi.v1i1.1886
Napitupulu, D. (2017). Kajian penerimaan e-learning dengan pendekatan TAM study of e-learning acceptance based on TAM approach. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu, 40–48.
Susanto, E. H. (2017). Media sosial sebagai pendukung jaringan komunikasi politik. Jurnal Aspikom, 3(3), 379–398. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.123
Thomas, F. (2016). The world is flat. Farrar, Straus and Giroux.
Widianto, K. (2015). Analisa tingkat keberhasilan mahasiswa dalam mempelajari software zahir pada perguruan tinggi. SNIT 2015, 1(1), 115–118. https://seminar.bsi.ac.id/snit/index.php/snit-2015/article/view/123
Widodo, U. (2018). Grand theory model of strategy quality: Strategic asset approach at industry. Academy of Strategic Management Journal, 17(2), 163–173.