INTERAKSI KELOMPOK GAY PADA APLIKASI BLUED

Main Article Content

Asti Agus Sapitri
Sri Wahyuni
Siti Arieta

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemunculan kaum homoseksual di publik virtual, semakin banyak hal yang dilakukan untuk melakukan interaksi antar kaum homoseksual dan untuk merepresentasikan bahwa kaum homoseksual juga ada di dunia. Kaum homoseksual menempuh jalan mereka melalui ruang publik karena mereka mengalami penolakan di dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem komunikasi dan sosialisasi kelompok gay dalam aplikasi blued di Pulau Kundur. Tentunya aplikasi ini merupakan media komunikasi bagi kaum gay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data berupa observasi, wawancara. Data yang diperoleh melalui hasil wawancara terstruktur secara mendalam dengan tatap muka berdasarkan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian peneliti, peneliti menemukan bahwa yang pertama adalah kemudahan yang mereka dapatkan dari aplikasi tersebut, yang kedua adalah simbol dan bahasa memiliki makna tersendiri yang harus dipahami oleh setiap kaum gay, yang ketiga adalah interaksi gay yang terstruktur.

Article Details

How to Cite
Sapitri, A. A., Wahyuni, S., & Arieta, S. (2023). INTERAKSI KELOMPOK GAY PADA APLIKASI BLUED. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(11), 2332–2339. Retrieved from https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3630
Section
Articles

References

Abdullah, M. W. (2006). Sosiologi. Jakarta: PT Grasindo.

Fathurokhmah, F., & Si, M. (2019). Komunikasi Komunitas Virtual Dan Gaya Hidup Global Kaum Remaja Gay Di Media Sosial. Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan, 23, 40-52.

Fita Fathurokhmah, M. (2019). Komunikasi Komunitas Virtual Dan Gaya Hidup Global Kaum Remaja Gay Di Media Sosial. Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan , 40-52.

Harbet, P. (2022). Pengelolaan Kesan Seorang Gay Menurut Kajian Dramaturgi. Jurnal Public Relations-JPR , 18-23.

Marisca Selvina, d. (2019). Motivasi Gay Dalam Hubungan Seksual. Jurnal Empati , 302-319.

Nasdian, F. T. (2015). Sosiologi Umum. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Prof.Dr.R. Nasrullah Nazsir, D. M. (2008). Sosiologi ( kajian lengkap, konsep dan teori sosiologi sebagai ilmu sosial). Padjadjaran: Widya Padjadjaran.

Santoso, A. (2017). Interaksi Sosial Kaum Gay Dalam Membangun Eksitensi ( Studi Tindakan Komunikasi Habermas ). JK Stikom Prosia , 22-27.

Sinyo. (2014). Anakku Bertanya Tentang LGBT. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sztompka, P. (2017). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Kencana.

Waluyo, d. (2008). Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: PT Intan Pariwara.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.