ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY WISATA MANGROVE EDUPARK TAMBAKREJO PT PERTAMINA PATRA NIAGA IT SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.32670/ht.v1i12.2516Keywords:
CSR, Indeks Kepuasan Masyarakat, KPL CAMARAbstract
Corporate Social Responsibility adalah sebuah strategi bisnis untuk secara paralel meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat bersamaan dengan positive brand image dan moral dari perusahaan. Pada implementasinya, perusahaan didorong untuk memiliki komitmen secara penuh dalam menjamin keberhasilan pada tiap proses, mulai dari perencanaan hingga proses evaluasi. Penelitian ini berfokus pada pada penjabaran hasil indeks kepuasan masyarakat pada program CSR Wisata Mangrove Edupark Tambakrejo, khususnya pembinaan KAPAL CAMAR, PT Pertamina Patra Niaga IT Semarang. Dengan demikian, teori CSR dan manajemen stakeholder digunakan untuk meninjau sejauh mana keberhasilan program CSR jika dilihat dari tingkatan manajemen program dan stakeholder. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner secara terbuka dan tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan program CSR yang dilakukan PT Pertamina Patra Niaga IT Semarang telah diterima dengan baik dengan indeks kepuasan yang tinggi, terkhusus pada aspek program keseluruhan dan manajemen program. Serta, keberhasilan program tersebut juga didukung oleh kompetensi pengetahuan, relasi komunikasi, serta tanggung jawab dari fasilitator lapangan program CSR perusahaan.
References
Akbas, E Karaca. (2012). A Sociological Study of Corporate Social Responsibility : A Marxist Perspective.
Arnone, Laurent., Ferauge, Perrine., Geerts, Angy, dan Pozniak, Laetitia. (2011). Corporate Social Responsibility: Internet as Communication Tool Towards Stakeholder. Jurnal Modern Acounting and Auditing, Vol. 7, (No. 7).
Caroll, Archie. (2016). Caroll’s Pyramid of CSR: Taking Another Look. International Journal of Corporate Social Responsibility, Vol. 1, No.3. doi: 10.1186/s40991-016-0004-6
Carroll, Archie. (2008). A History of Corporate Social Responsibility: Concepts and Practices doi: 10.1093/oxfordhb/9780199211593.003.0002
Christens, Brian D & Speer, Paul W. 2015. Community Organizing: Practice, Research, and Policy Implications. Social Issues and Policy Review, Vol.9, No.1, pp. 193 – 122. doi: 10.1111/sipr.12014
Dasuki, R. E., & Lestari, A. (2019). Implementation of Good Corporate Governance to the Value of Cooperative Company. Journal of Economic Empowerment Strategy (JEES), 2(1), 24–41.
Irfani, R. F., & Gunadi, T. (2021). Bauran Eceran Dalam Meningkatkan Partisipasi Anggota: Studi Pada Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia Kota Bandung. Koaliansi: Cooperative Journal, 1(1), 1–16.
Jamali, DIma. (2008). A Stakeholder Approach to Corporate Social Responsibility: Perspective into Theory and Practice. Journal Business Ethics, Vol. 82, No. 1. doi: 10.1007/s10551-007-9572-4
Lindawati, AS Lin & Puspita, M Eka. (2015). Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multiparadigma JAMAL, Vol. 6, No. 1. doi: 10.18202/jamal.2015.04.6013
Morsing, Mette & Schultz, Majken. 2006. Corporate Social Responsibility Communication as Strategic Auto Communication: On the Role of External Stakeholder for Member Identification. Business Ethics – A European Review, Vol.15, No 2. doi: 10.1111/j.1467-8608.2006.00440.xDasuki, R. E., & Lestari, A. (2019). Implementation of Good Corporate Governance to the Value of Cooperative Company. Journal of Economic Empowerment Strategy (JEES), 2(1), 24–41.
Nurakhmawati, R., Purnamawati, A., & Fahmi, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(2), 191–204.
Wahyudin, W., Titin, A., Gunadi, T., & Elya, R. (2021). Pengaruh implementasi prinsip good corporate governance (gcg) terhadap kinerja keuangan (Studi Kasus Bank Bjb ZIEBAR Bandung, Jawa Barat). Jurnal Co Management, 4(2), 696–701.