ANALISIS KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN MAHASISWA PGSD SEMESTER VI PADA PEMBELAJARAN MIKRO

Main Article Content

Kurnia Yoga Pratama
Nur Ngazizah

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penerapan keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran mikro mahasiswa PGSD Universitas Muhamadiyah Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data melalui triangulasi serta teknik analisis data yaitu pengelolaan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini yaitu guru telah melaksanakan keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalam proses pelaksanaan pembelajaran matematika, akan tetapi ada beberapa indikator pada komponen-komponen membuka dan menutup pelajaran yang jarang bahkan tidak pernah terlihat diterapkan oleh guru, seperti indikator melakukan interaksi peserta didik dengan peserta didik jarang sekali terlihat, menimbulkan motivasi yang indikatornya mengemukakan ide yang bertentangan untuk memancing ketertarikan siswa akan materi pembelajaran dan mamperhatikan minat siswa.

Article Details

How to Cite
Pratama, K. Y. ., & Ngazizah, N. . (2022). ANALISIS KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN MAHASISWA PGSD SEMESTER VI PADA PEMBELAJARAN MIKRO. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1450–1455. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2173
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2018). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Sumedang Selatan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2), 229. (Diakses pada 20 Juli 2022).

Arni. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di SD Negeri 018 Rantau Sialang Kecamatan Kuantan Mudik. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2 (5), 737- 743. (Diakses pada 20 Juli 2022).

Halimah, L. (2017). Keterampilan Mengajar Sebagai Inspirasi untuk Menjadi Guru Yang Excellent di Abad ke-21. Bandung: Refika Aditama.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Khakiim, U., dkk. (2016). Pelaksanaan Membuka dan Menutup Pelajaran Oleh Guru Kelas I Sekolah Dasar. (Online). http://media.neliti.com/media/publication (diakses 20 Juli 2022).

Monica, S., & Hadiwinarto, H. (2021). Pengaruh Keterampilan Membuka Dan Menutup Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Negeri 1 Lubuklinggau. Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan, 3(2), 12-23.

Valent, D. M., & Ngazizah, N. (2021). Evaluasi Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran Mahasiswa PGSD Semester VI Tahun 2020/2021. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 65-72.

Amrin, S. (2021). Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Flores. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 58-65.

Sari, P. P. (2022). Analisis Keterampilan Mengajar Mahasiswa PGSD UMPWR Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 3(3).