PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN

Authors

  • Rudy Hartama Putra Universitas Negeri Medan
  • W. L. Sihombing Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2151

Keywords:

Keaktifan Belajar Siswa, Eksperimen Semu, two stay two stray (TSTS)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap keaktifan belajar siswa sedemikian sehingga hasil belajar siswa pada materi perbandingan meningkat. Populasi dari penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII MTs. Amin Darussalam yang berjumlah 5 kelas. Dari 5 kelas keseluruhan diambil secara acak 2 kelas yang kemudian dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas VII-1A sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan kelas VII-1B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 50,37 dan kelas kontrol sebesar 36,93. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai sig 2 tailed sebesar 0,00 < 0,05, maka tolak

References

Anita Lie. (2018). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Dance, Mesah dkk. (2020). Penerapan Cooperatif Learning two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa SMA. Jurnal inovasi pembelajaran 6(2).

Hidayat, T. M., & Muhson, A. (2018). The impact of think pair share and two stay two stray learning model towards learning outcomes and cooperation ability. Dinamika Pendidikan, 13(1), 119–129.

Irawan, D., Nugraha, H., & Hasyim, M. A. N. (2022). Business environment of dairy cattle farmers on cooperative positioning and its implications toward marketing performance. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(3), 560–567.

Lubis, M. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) dan artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 1 Sibabangun Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Biolokus, 1(2), 117–122.

Mulyono, A. (2018). Anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Octavia, Shyilpi. (2020). Model-model Pembelajaran. Jakarta: DEEPUBLISH

Paembonan, P. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan model kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan problem posing pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 1(2), 104–113.

Purnamawati, A. (2022). Bimbingan Teknik Kepemimpinan Agile Bagi Mahasiswa Papua Calon Wirausaha. E-Coops-Day, 3(2), 255–262.

Rhiantini, S., Sunarya, D. T., & Iswara, P. D. (2017). Penerapan metode two stay two stray dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis pada materi laporan pengamatan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 121–130.

Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan model kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171.

Setiawati, R. (2022). Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Usaha Mikro Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Di Kabupaten Tasikmalaya. E-Coops-Day, 3(1), 25–30.

Siregar, Nani Restati. (2017). Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa Yang Menyennagi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. (224-232). Semarang: Universitas Gajah Mada.

Sugiyanto, S., & Putra, T. A. P. S. (2021). Macro-Economic Impact On Stock Prices. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 13(1), 13–19.

Trisnawati, N. F. (2017). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP Negeri 2 Kota Sorong. Median: Jurnal Ilmu Ilmu Eksakta, 9(3), 36–42.

Wibowo, Nugroho. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melaluipembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnlas electronics, information, and vocational education. 2(1).

Wisarja, I. K., & Sudarsana, I. K. (2017). Refleksi kritis ideologi pendidikan konservatisme dan liberalisme menuju paradiga baru pendidikan. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 283.

Yunita, I., & Handini, A. T. A. (2020). Penerapan model PBL dalam meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 3(2), 524-532.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. (2018). The use of two stay two stray model in english teaching to increase student’s learning outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39–43.

Downloads

Published

2022-08-25

How to Cite

Putra, R. H. ., & Sihombing, W. L. . (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(10), 1387–1397. https://doi.org/10.32670/ht.v1i10.2151