LMS Model Pembelajaran Berbasis LMS Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Demak Learning Management System

Main Article Content

Kartika Candra Dewi
Mohamad Miftah

Abstract

Penelitian dilakukan dalam rangka untuk mengetahui fenomena aktivitas pembelajaran di SMAN 2 Demak, Jawa Tengah selama masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan studi ini adalah menggunakan desain penelitian survey dengan teknik diskriptif kualitatif. Artinya penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan analisis data melalui instrumen mencakup; angket, wawancara, dokumen, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa studi faktual dikaji dari aspek; penerapan kurikulum, metode pembelajaran, dan pemanfaatan TIK masuk kategori baik. Sementara dari aspek kompetensi guru masuk kategori sangat baik. Implikasinya, pengelola layanan pembelajaran di lingkungan SMAN 2 Demak perlu memperkuat pelatihan dan pendampingan TIK bagi para guru secara berkelanjutan. Pelatihan pemanfaatan TIK ini diperlukan guna memastikan integrasi TIK dalam pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Dewi, K. C., & Miftah, M. (2022). LMS Model Pembelajaran Berbasis LMS Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Demak : Learning Management System. Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(7), 942–953. https://doi.org/10.32670/ht.v1i7.1715
Section
Articles

References

Adedoyin, O.B., & Soykan, E. (2020). Covid-19 pandemic and online learning: The challenges and opportunities. Interactive Learning Environments, 1–13. doi.org.10.1080/10494820.2020.1813180.

Amali, L. N., Zees, N., & Suhada, S. (2020). Motion Graphic Animation Video As Alternative Learning Media. Jambura Journal of Informatics. https://doi.org/10.37905/jji.v2i1.4640.

Azzahra, N.F. (2020). Mengkaji hambatan pembelajaran jarak jauh di Indonesia di masa pandemi Covid-19. Center for Indonesian Policy Studies (CIPS). https://id.cips indonesia.org/post/mengkaji-hambatan-pembelajaran-jarak-jauhdi-indonesia-di-masa covid-19.

Bahri, Humaedi, Rizal, Gamar, M. M., Misnah, & Riang Tati, A. D. (2021). Utilization of ICT-Based Learning Media in Local History Learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012079.

Bima, L (2020). Analisis awal terhadap faktor pendorong ketimpangan dalam pembelajaran jarak jauh di tingkat sekolah dasar. Smeru Research Institute, https://smeru.or.id/id/content/analisis-awal-terhadap-faktor-pendorong-ketimpangan-dalam-pembelajaran-jarak-jauh-di-tingkat.

Habibah, R., Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1070.

Hilman, I., & Dewi, S. Z. (2021). The Analysis of Primary School Teachers Ability in The Application of ICT-Based Learning Media In Tarogong Kidul District. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1012.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349.

Kemdikbud, & Kemdikbud, pengelola web. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. In Jakarta, 28 Mei 2020.

Kim, J. (2020). Learning and Teaching Online During Covid-19: Experiences of Student Teachers in an Early Childhood Education Practicum. International Journal of Early Childhood. https://doi.org/10.1007/s13158-020-00272-6.

Lutfiyah, L., & Roviati, E. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24235/dimasejati.v2i2.7015.

Mestika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, Cet. ke-1.

Miftah, M. (2022). Landasan Konseptual Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. April, 25–31. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i1.1425.

Pecay, R. K. D. (2017). Youtube integration in science classes: Understanding its roots, ways, and selection criteria. Qualitative Report. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2017.2684.

Richey, R. C., Klein, J. D., & Nelson, W. a. (2004). Developmental research: Studies of instructional deisgn and development. Handbook of Research for Educational Communications and Technology.

Supriyatno, T., Susilawati, S., & Ahdi, H. (2020). E-learning development in improving students’ critical thinking ability. Cypriot Journal of Educational Sciences. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i5.5154.

Warsita, B. (2019). Evaluasi media pembelajaran sebagai pengendalian kualitas.Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i4.581.

Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2016). Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Timur.